IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP COKROAMINOTO PALOPO

Murnia Murnia, Nurmala Saruman

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kerja meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), refleksi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui implementasi lesson study melalui pendekatan saintifik setting kooperatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah dengan implementasi lesson study melalui pendekatan saintifik setting kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika, kehadiran, kerjasama, keaktifan dan perhatian siswa kelas VIII SMP Cokroaminoto Palopo.

Kata Kunci : Lesson Study, Saintifik, Kooperatf, Pembelajaran Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Arends, Richard. 1997. Classrom Instructional and Management. New York: The Mc Grau Hill Company.

Ellis, Jeanne. (1995). Education Psychology, Principles and Application. Ohio: University of Northem Colorado

Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lince, Ranak (2001). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan pendekatan Struktural Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis di Kelas IISMP. Makalah Komprehensif. Surabaya : Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Marsigit. (2008). Mathematics for Junior High Shcool. Jakarta: PT. Yudhistira Anggota Ikapi

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslimin, (2000). Pembelajaran Kooperatif. Buku Ajar Pengembangan Guru Sekolah Menengah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nasution, S. (2006). Berbasis Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Noehi, N & Adi, S. 1999. Evaluasi Pengajaran. Universitas Terbuka Jakarta.

Nur, Muhammad (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Purwanto, Ngalim.2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwati, H. (2012). Meningkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Melalui Lesson Study. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2/Septembe).

Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM

Slameto, 2006. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia

Slavin, RE; 1998. Cooperative Learning (Theory, Research, and Practice) (Terjemahan: Nurulita). Bandung: Nusa Media

Slavin, R.E (1985). An introduction to cooperative learning research. Dalam R. Slavin, et al. (1985). Learning to cooperate, cooperating to learn. (pp. 5-14). New York: Plenum Press.

Sobel, M. A dan Maletsky, Evan M. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soekamto. 1992. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Sudjana, Nana. 2000. Evaluasi Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 17 times
Tidak berjudul - 17 times