IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASSEMENT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ma'rufi Ma'rufi, Andi Andong, Fahrul Basir, Shindy Ekawati

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas (two group) sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis assessment Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalha matematis siswa Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest- posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo diajar sebelum diterapkan model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis assement based learning berada pada kategori rendah setelah diterapkan model Problem Based Learning berbasis Assement Based Learning berada pada kategori tinggi. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sebelum diterapkan model Pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah setelah diterapkan model pembelajaran konvensioanal berada pada kategori tinggi (3) Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo antara yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan yang diajar dengan pembelajaran konvensioanl.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Assesment Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Referensi


Amir. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenanda Media Group. Jakarta

Anderson. 2003 Education Assement is a formal attept to demine students status with respect to educational variabel of inderest.

Arends (2008). Leraning To Teach (Belajar Untuk Mengajar).Yogyakarta: Puskata Pelajar


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 9 times