KONSEP LESSON STUDY PADA MAGANG III FKIP UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Sri Damayanti

Sari


Dalam penelitian ini akan dikaji tentang konsep Lesson Study Pada Magag III Fakultas Keguruan dan Ilmu Penduidikan Universitas Cokroaminoto Palopo. Studi ini mengkaji tentang Persepsi Guru dan Siswa terhadap Konsep Lesson Study pada Magang III Fkip UNCP, serta kesulitan yang dihadapi dalam penerapan tersebut. Penelitian ini menginvestigasi 4 guru bahasa Inggris dan 8 siswa yang telah terlibat dalam Komunitas Pembelajaran melalui praktik Lesson Study. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data ada beberapa intrumen yang digunakan yaitu observasi kelas, kuesioner dan wawancara. Dan hasil temuan menunjukkan bahwa persepsi guru dan siswa adalah positif tetapi beberapa dari mereka membutuhkan lebih banyak sosialisasi tentang implementasi Lesson Study. Karena mereka tidak sepenuhnya mengerti tentang istilah Lesson Study. Tetapi secara keseluruhan mereka telah melakukan konsep tersebut. Namun, ada beberapa guru dan siswa yang depresi terkait pelaksanaan Lesson Study, hal ini disebabkan mereka tidak terbiasa dengan kegiatan ini. Dari hasil temuan disarankan bahwa guru atau dosen harus menyadari bahwa mereka perlu mengembangkan kompetensi profesional mereka melalui cara-cara tertentu yang salah satunya adalah Lesson Study. Melalui Lesson Study, para guru dapat saling belajar dan mengenali cara siswa belajar di kelas. Dan bagi pemerintah, seminar sangat diperlukan untuk Lesson Study sehingga para guru dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep tersebut.

Kata Kunci : Lesson Study, Magang

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Baba, Takuya. 2007. How is lesson study implemented? In M. Isoda, M.Stephens, Y. Ohara and T. Miyakawa (eds.) Japanese Lesson Study in MATHEMATICS: Its Impact, Diveristy and Potential for Eductional Improvement. Danvers, MA:World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Fatimah, Nur. 2013. Challenges in Implementing Lesson Study at Higher Education. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Louise Stoll, Ray Bolam, Agnes McMahon, M Wallace, and Sally Thomas. Professional Learning Communities: A Review of The Literature. Jornal of Educational Change, 2006 ( 221-258).

Stage, Frances K., Patricia A. Muller, Jillian Jinzie, and Ada Simmons, Creating Learning Center Classrooms: What does Learning Theory Have to Stay ? 1998.

Suratno and Iskandar, 2010. Teacher reflection in Indonesia: lessons learnt from a lesson study program. US China Education Review, December 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 14 times
Tidak berjudul - 11 times