PEMANFAATAN MULSA JERAMI PADI DAN DAUN KELAPA SAWIT UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.)

WAKIFATUL HISANI

Sari


Kacang hijau (Vigna radiata L.) merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek sangat baik dikembangkan di Indonesia.Kacang hijau menjadi komoditas tanaman legum terpenting ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Salah satu penyebabnya adalah permintaan yang terus meningkat untuk konsumsi dan industri olahan (Kementerian Pertanian, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan macam mulsa untuk pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo Kelurahan To’Bulung Kecamatan Bara, Kota Palopo pada Bulan September 2017 sampai Januari 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Sehingga terdapat 25 unit tanaman. Variabel yang diamati Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun (helai), Diameter Batang (cm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter perlakuan P4 dengan dosis 2,5 kg+1kg/polybag mempunyai nilai tertinggi dengan tinggi tanaman 78,2 cm. Perlakuan dengan dosis 2,5 kg+1 kg/polybag memperlihatkan jumlah daun yang lebih banyak dengan rata-rata jumlah daun mencapai 70 helai, ukuran diameter batang menjacapai 1,35 cm sedangkan perlakuan yang memiliki nilai terendah P0 (tanpa perlakuan). Kata Kunci: Pertumbuhan, Mulsa jerami, kelapa sawit

Teks Lengkap:

Untitled (English)

Referensi


Fachruddin, 2000: 64. Budidaya dan Analisis Tani Kedelai Kacang Hijau, Kacang Panjang. Penerbiat Absolut. Yogyakarata. Hardjowigeno. 2003. Ilmu Tanah. Akademik Pressindo. Jakarta. Harahap, 1994, Pengendalian Hama Palawija.Jakarta Penebar Swada Khairani, 2008. Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau. Jakarta Agro media pusat Lament Willian James Jr. (March 1993). Plastic Mulches For The Production Of Vegetable Crops. Mangoensoekardjo dan Semangun. 2005. Manajemen Agribisnis Kelapa Sawit. UGM Press. Yogyakarta. Mustakim, M. 2012. Budidaya kacang hijau secara intensif. Pustaka Baru Press. Yogyakarta. 140 hal. Nurdin, F. 1994. Kacang Hijau di Sumatera Barat: Budidaya, Hama, dan pengendaliannya di tingkat petani. Risalah Seminar Balittan Sukarami. Vol. III. Balittan Sukarami; 121-129 hlm.

Nurdin. F. 1994. Kacang Hijau di Sumatera Barat: Budidaya, Hama, dan Pengendaliannya di Tingkat Petani. Risalah Seminar Balittan Sukarami. Vol. III. Balittan Sukarami; 121-129 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 10 times
Untitled (English) - 8 times