Efektivitas Bakteri Antagonis Dalam Menekan Penyakit Layu Fusarium (Fusarium oxysporum f.sp. passiflorae) pada Dua Jenis Markisa di Pembibitan

Mutmainnah Mutmainnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bakteri antagonis penyakit F. oxysporum f.sp.passiflorae pada dua jenis markisa di pembibitan. Penelitian dilaksanakan di lahan Kebun Percobaan Tanaman Fakultas Pertanian dan Pusat Kegiatan Penelitian Devisi Laboratorium Bioteknologi Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Juli 2011 sampai Desember Bacillus sp., Pantoea sp., dan Clostridium sp. dalam menekan pertumbuhan 2011. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor jenis markisa (markisa ungu dan kuning) dan faktor bakteri antagonis (Bacillus sp., Pantoea sp., dan Clostridium sp.) dengan 8 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase serangan F. oxysporum f.sp.passiflorae tertinggi terdapat pada perlakuan P0 (kontrol) yaitu sebesar 100% pada markisa ungu dan markisa kuning dan terendah pada perlakuan P1 (Bacillus sp.) dengan intensitas serangan 25% pada markisa kuning dan 50% markisa ungu. Dari kedua jenis markisa, markisa lebih toleran terhadap penyakit layu fusarium dibandingkan markisa kuning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agrios,G.N.,1996.Ilmu Penyakit Tumbuhan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Anonim. 2011. Markisa. Diakses dari http://www.iptek net.id/ tanggal 12 Oktober 2011.

_______, 2011. Biological Control of Plant Pathogens. Diakses dari http://www.apsnet.org/ecenter tanggal 23 Januari 2012.

_______. 2011. Budidaya Markisa. Diakses dari http://www.bi.go.id tanggal 23 Januari 2012.

Baharuddin dan Badron Zakaria, 2005. Sistem Perbenihan Kentang Berbasis Bioteknologi Ramah Lingkungan. Pusat Kegiatan Penelitian. Univerisitas Hasanuddin. Makassar.

Barus, A., dan Syukri, 2008. Agroekoteknologi Tanaman Buah-buahan. USU Press, Medan.

Bradbury JF,1986.Guide to Plant Patogenic Bacteria. Wallingford,UK;CAB International.

Buchanan,R.E.and N.E.Gibbson.1974. Bergeys Manual of Determinative Bakteriology. The William and Wilkins Company. Baltimore.New York. Pp 219-223.

Carlson RR, Vidaver AK,1982. Taxonomy of Coryebacerium plant patogents,including a new patogen of wheat, based on polyacrylamide gel electrophoresis of celluler proteins. International Journal of Systematic Bacteriology.

Goto, M., 1992. Foundamental of Bacterial Plant Phatology. Academic Press.Inc.San Diego,California.

Gupta,V.,H.Bochow,S.Dokj, I Fisher.1999.Plant Growth Promoting Bacillus subtilis strains as potential inducer of resistence in tomato against fusarium wilt. Institute Phythopatology and Plant Protection,Faculty of Agriculture an

d Horticulture Sciences,Humbol, University Berlin, Germani.

Hafid,Nihlayanti. 2004. Uji Efektivitas Beberapa Mikroorganisme Antagonis Dalam Menekan Penyakit Busuk Batang (Fusarium oxysporum f.sp. vanillae) pada Tanaman Vanili. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Saragih, Y.S., F.H., Silalahi dan A. E., Marpaung, 2006. Uji Resistensi beberapa Kultivar Markisa Asam terhadap Penyakit Layu Fusarium. Jurnal Hortikultura (16). Hal: 321-326.

Semangun, H., 1998. Pengantar Ilmu Penyakit Tumbuhan. UGM Press, Yogyakarta.

, 1997. Hortikultura Aspek Budiaya. UGM Press, Yogyakarta.

Rahmadani.2007. Identifikasi Jenis Bakteri Kontaminan dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Planlet Beberapa Varietas Kentang (Solanum tuberosum Linneaus). Universitas Hasanudin. Makassar.

Rukmana, H. R., 2003. Usaha Tani Markisa. Kanisius, Yogyakarta.

Rusmana dan H.Ratnasari.1994.Isolasi Bacillus thuringiensis dan Peternakan Ulat Sutra Terhadap Larva Cocidolomia binotallis Zeller dan Spodoptera litura F. Jurnal Penelitian Pengedalian Hama Terpadu I (1): 21-23.

Saragih, Y.S., dan F. H., Silalahi, 2006. Isolasi dan Identifikasi Spesies Fusarium Penyebab Penyakit Layu pada Tanaman Markisa Asam. Jurnal Hortikultura (16). Hal. 336-344.

Sihombing,M.,2005.Markisa Berpotensi Meraup Keuntungan. http://www.bisnis.com/servlet/page. Diakses 22 Oktoer 2011.

Silalahi, F. H., Y., Saragih, A., Marpaung, R., Hutabarat, Karsinah, dan S. R., Purba, 2005. Markisa Asam. Balai Penelitian Tanaman Buah Kebun Percobaan Tanaman Buah, Berastagi

Suherman,Rana. 2007. Kajian Penggunaan Beberapa Mikroba Antagonis Untuk Mencegah Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia solanacearum) Dan Efeknya Terhadap Pertumbuhan Kentang Varietas Atlantik. Universitas Hasanuddin.Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v4i1.75

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.