PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN HORMON TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET TANAMAN PISANG KEPOK VARIETAS “ UNTI SAYANG” (Musa paradisiaca L.) SAAT AKLIMATISASI

Sartia Hama

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis media tanam dan hormon tumbuh terhadap pertumbuhan planlet tanaman pisang “Umi sayang" saat aklimatisasi. Penelitian ini di laksanakan dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL), dalam bentuk percobaan faktorial yang terdiri dari dua(2) faktor. Faktor l, Media tanam dengan 4 taraf perlakuan, yaitu: sekam mentah + pupuk kandang + tanah (1 :l2l), sekam bakar + pupuk kandang + tanah (l:l:l), cocopeat + pupuk kandang + tanah (l:l:l), pasir + pupuk kandang + tanah (l:l:l). Faktor II, Jenis hormon dengan 3 taraf perlakuan, yaitu : tanpa pemberian hormon tumbuh, pemberian hormon tumbuh Atom'k (2 ml/liter air) dan pemberian hormon tumbuh Grow quick (2 nil/liter air). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai jenis media tanam (tanah, pasir, pupuk kandang, sekam bakar, sekam mentah, dan cocopeat) memperlihatkan pengaruh nyata terhadap komponen pengamatan tinggi tanaman, luas daun, jumlah akar yang terbentuk kecuali jumlah daun dan diameter batang. Akan tetapi pada jenis hormon tumbuh Atom'k dan Grow quick memperlihatkan pengaruh tidak nyata terhadap semua komponen pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah akar yang terbentuk, dan diameter batang terhadap pertumbuhan planlet tanaman pisang “Unti sayang” saat aklimatisasi.
Kata kunci: pertumbuhan, planlet, pisang kepok

Referensi


Abidin, Z . 1985. Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Zat Pengatur Tumbuh. Bandung: Penerbit Angkasa.

Baim, 2011 dalam Rahmawati 2015. 2,4 Diklorofenoksiasetat. Diakses tgl 12 februari 2016.

Fishel, F. M. 2006 dalam Rahmawati 2015. Plant Growth Regulators. University of Florida. Florida.

Gamborg, O.L. and G.C. Phillips. 1995. Plant Cell, Tissue and Organ Culture: Fundamental Methods. Springer Lab Manual. Germany.

Gunawan, L. W. 1998. Teknik Kultur Jaringan. Bogor. Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman: PAU IPB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.