ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PENJUALAN BUAH (STUDI KASUS PERUSAHAAN FRUITS MARKET CABANG PERINTIS KEMERDEKAAN KOTA MAKASSAR)

Muhammad Arhim, Dian Trisna

Sari


Perdagangan buah-buahan merupakan prospek yang menantang bagi para pengusaha utamanya di kota Makassar, oleh kerena itu penelitian ini berusaha menganalisis pengembangan usaha penjualan buah (Studi Kasus Pemsahaan Fruits Market Cabang Perintis Kemerdekaan Kota Makassar). Penelitian ini bertujuan (l) menganalisis indentifikasi permasalahan yang menyebabkan manajemen usaha penjualan buah perusahan Fruits Market menjadi tidak maksimal, (2) menganalisis tindakan perencanaan yang dapat diaplikaskan demi pengembangan usaha penjualan buah perusahaan Fruits Market. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitait' serta analisis APPAS (Analisis Perencanaan dan Pengembangan Agrosistem). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan bantuan kuisoner terhadap pelaku usaha perdagangan buah pada perusahaan Fruits Market yakni pihak internal maupun ektemal yang terkait dengan usaha tersebut. berdasarkan hasil analisis penyelesaian masalah dan alternatif-alternatif tindakan terpilih, maka dapat disimpulkan bahwa hal-hal yang harus dilakukan demi pengembangan usaha penjualan buah Fruits Market, yaitu : (l) melakukan atau mengadakan perekrutan agar karyawan bekualitas dengan metode ilmiah, (2) mengundang pakar SDM ke agrosistem untuk melakukan pelatihan kepada karyawan, (3) membuat perjanjian terhadap perusahaan Makassar buah agar pemasokan buah-buahan tepat waktu (4) menambah jumlah kapasitas pasokan buah-buahan (5) melakukan Promosi/ iklan terhadap brand dan produk unggulan perusahaan.
Kata Kunci : Perdagangan buah, alternatif tindakan, manajemen.

Referensi


ferdinand. A. (2006). Metode penelitian Manajemen. badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.