PENGARUH PERTUMBUHAN KACANG HIJAU (phaseolus radiatus) DENGAN PERLAKUAN PEMBERIAN MEDIA AIR BERBEDA

Muhammad Arhan Rajab

Sari


ABSTRACT
Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah air.Air mutlak diperlukan tumbuhan, karena di dalam hidupnya tak mungkin tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan air. Dalam laporan praktek lapang ini mengkaji bagaimana pertumbuhan tanaman kacang hijau dengan pengaruh perbedaan air untuk tanaman kacang hijau. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertumbuhan kacang hijau bila dilakukan penyiraman dengan menggunakan air PDAM, air hujan, air sumur, air kolam, air sungai dan air laut. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo ,Jl. Poros DR. Ratulangi KM. 08 Kota Palopo yang berlangsung pada Tanggal 24 April-7 Mei 2016. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil praktek lapang dapat diketahui jenis air yang baik untuk pertumbuhan kacang hijau. Implikasi dalam praktek lapang tanaman kacang hijau dengan melakukan penyiraman jenis air yang berbeda yaitu dengan melibatkan anggota kelompok secara aktif dalm penyiraman yang dilakukan setiap harinya dan melakukan pengamatan pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau sehingga didapatkan hasil dari penelitian ini.

Kata kunci : Tanaman Kacang Hijau, Pengaruh Perbedaan Air, Konservasi Air dan Tanah.

Teks Lengkap:

Untitled (English)

Referensi


Atman. 2007. Budidaya dan analisis tani kedelai, kacang hijau dan kacang panjang. Penerbit Absolut. Yogyakarta. Hal : 93,94,100.

Arifiani et al, 2007, Ketersedian sumber air bagi kehidupan manusia. Dikutip pada jurnal konservasi air tanggal 7 April 2012.

Arsyad. 2012. Konservasi Tanah dan Air. Bandung: Penerbit IPB (IPB Press)

Faris et al, 2013. Pengaruh cahaya pada pertumbuhan tanaman kacang hijau.Diakses pada tanggal 1 juni 2014, blogs farischarming.

Purwono, 2012. Karakteristik Tanaman Kacang Hijau. Jurnal bahan kajian teori tanaman kacang hijau.

Purwono dan Hartono, 2008. Botani Tanaman Kacang Hijau. Dikutip pada jurnal Botani Tanaman tanggal 8 Agustus 2014.

Rukmana, 2004. Botani Tanaman Kacang Hijau. Dikutip pada jurnal Botani Tanaman tanggal 8 Agustus 2014.

Tjitrosoepomo. 2007. Klasifikasi tanaman kacang hijau. Jurnal bahan kajian teori pertumbuhan tanaman kacang hijau.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.