TINGKAT SERANGAN ULAT API (Setothosea asigna van Eecke) PADA KELAPA SAWIT KATEGORI TANAMAN MENGHASILKAN (TM) PTPN IV UNIT USAHA KEBUN BAH BIRUNG ULU

Sari Anggraini, Rizky Pebriondo Purba

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat serangan hama ulat api yang menyerang tanaman kelapa sawit di blok 17 F afdeling III kebun Bah Birung Ulu. Penelitian ini telah dilaksanakan di blok 17 F afdeling III kebun Bah Birung Ulu selama 1 minggu pada bulan Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskrptif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mengenai pengamatan langsung dilapangan pada blok pengamatan, dengan luas 14 ha. Hasil pengamatan dilokasi penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat serangan hama ulat api di blok 17 F afdeling III kebun Bah Birung Ulu dengan hasil rata rata 6 ulat api per pokok dengan kategori ringan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N.A. 2021. Tingkat serangan hama ulat api setothosea asigna dan hama ulat kantung Metisaplana pada perkebunan kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) di PTPN IV Unit Usaha Bah Birung Ulu. Jurnal Ilmiah Rhizobia, Vol 3 No 1, Februari 2021.

Badan Pusat Statistik. 2013. Distribusi Lahan Potensial Perkebunan Kelapa Sawit Menurut Provinsi (ha). Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. 2018 Statistik kelapa sawit Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Lubis, A.U. 2008. Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) di Indonesia Edisi ke-2. Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Pusat Penelitian Kelapa Sawit. 2011. Informasi Organisme Pengganggu Tanaman. Vol H1- 0001. Oktober 2011.

Prawirosukarto, 2002. Pengenalan dan Pengendalian Hama Ulat pada Tanaman Kelapa Sawit. Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

Sahari B. 2012. Struktur komunitas parasitoid hymenoptera di perkebunan kelapa sawit, Desa Pandu Jaya Kecamatan Pangkalan Lada Kalimantan Tengah. Disertasi Program Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Santoso, S. 2006. Konversi perubahan iklim panduan lengkap SPSS Versi 20. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Susniahti, N., Sumeno, H., dan Sudrajat. 2005. Ilmu Hama Tumbuhan. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Tim Pengembangan Materi LPP. 2007. Buku Pintar Mandor. LPP Press. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v9i3.1594

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.