Respon Dua Varietas Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) Terhadap Jenis Pengolahan Tanah

Erse Drawana Pertiwi, Pandra Dukalang

Sari


Abstrak
Jagung merupakan komoditi pangan terpenting selain gandum dan padi. Salah satu jenis jagung yang diminati oleh masyarakat adalah jagung manis. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman adalah pengolahan tanah dan penggunaan varietas unggul. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk percobaan Faktorial Dua Faktor dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yaitu : Faktor Pertama adalah pengolahan tanah yang terdiri dari tiga taraf, yaitu :P0 (Tanpa Pengolahan Tanah), P1 (Pengolahan Tanah Minimum), P2 (Pengolahan Tanah Maksimum). Faktor Kedua adalah Jenis Varietas Jagung Manis (V) yang terdiri dari dua taraf, yaitu : V1 (Varietas Bonanza F1), V2 (Varietas Master Sweet). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perlakuan pengolahan tanah P2 (pengolahan tanah maksimum) memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, berat buah, dan berat tongkol tanaman jagung manis. Penggunaan varietas V1 (Varietas Bonanza F1) memberikan hasil yang terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat buah, berat tongkol dan panjang tongkol tanaman jagung manis.

Kata Kunci : Jagung Manis, Varietas, Tanah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisarwanto T. 2006. Budididaya Kedelai dengan Pemupukan Efektif dan Pengoptimalan Peran Bintil Akar. Penebar Swadaya. Jakarta.

Admaja dan Genta. 2006. Evaluasi Adaptabilitas Tiga Genotipe Jagung diDua lokasi Daratan Rendah. Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB

Fahmudin dan Winarso. 2005. Balai peneletian Tanah untuk Budidaya. Pertanian Prodi Kehutanan. Universitas Sumatera.

Hanafiah KA. 2014. Rancangan Percobaan: Teori dan Aplikasi. Fakultas pertanian Universitas Sriwijaya Palembang. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Harjadi SM. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia. Jakarta.

Jumin HB. 2005. Dasar-Dasar Agronomi. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Koswara. 2009. Teknologi Pengolahan Jagung (Teori dan Praktek). eBook pangan.com

Nulhakim L, dan Hatta M. 2008. Pengaruh Varietas Kacang Tanah dan Waktu Tanam Jagung Manis terhadap Pertumbuhan dan Hasil pada Sistem Tumpang sari. Jurnal. Floratek. 3:19-25.

Purwono MS, dan Hartono R. 2007. Bertanam Jagung Unggul. Penebar Swadaya. Bogor

Rukmana. 2006. Usaha tani jagung. Jakarta. Kanisius rev.II.

Rukmana R. 2010. Jagung Budidaya, Pascapanen, Penganekaragaman Pangan. CV Aneka Ilmu. Semarang

Sadjad S. 1993. Kuantifikasi Metabolisme Benih. Gramedia. Jakarta.

Unger PW, and Mc Calla TM. 1980. Consevation Tillage System. Adv. In Agron. 33:2-5




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v8i1.1511

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.