IDENTIFIKASI DAN KARAKTERISASI JENIS JUWET (Syzygium cumini) PADA BERBAGAI DAERAH DI SULAWESI SELATAN

Muhammad Naim, Wakifatul Hisani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi jenis juwet pada berbagai daerah di Sulawesi Selatan , serta untuk mengetahui karakteristik dan keragaman dari plasma juwet. Penelitian ini berbentuk survey di mana lokasi penelitian dipilih berdasarkan pengambilan sampel tiga titik, daerah pantai barat di Kabupaten Barru, pantai timur di Kabupaten Bone dan pantai peralihan di Kabupaten Takalar. Hasil penelitian menunjukkan tanaman juwet memiliki batang yang berbentuk bulat, berperawakan pohon yang kokoh. Bentuk tajuk tanaman juwet pada umumnya bulat, karakteristik morfologi daun juwet menunjukkan bahwa daun tanaman juwet berbentuk bulat telur, lonjong, dengan pangkal daun bundar. Ujung daun pada umumnya tumpul, namun ada juga ujung daun yang runcing. Buah tanaman juwet bertipe buah buni, berbentuk lonjong, bulat telur, berwarna ungu dan ungu tua, kulit buahnya berwarna hitam sampai ungu tua, daging buahnya berwarna ungu sampai ungu keputihan. Tekstur kulit buah licin rasanya manias, sepat kemasaman dan kecut.
Kata Kunci: Indentifikasi, Karakterisasi, Juwet , Sulsel.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Adi Nugroho, 1990. Mengenal Tanaman Langkah Indonesia. Penebar Swadaya. Jakarta.

BPS Kabupaten Bone. 2011. Kabupaten Bone dalam angka 2010. Badan Pusat Statistik. Provinsi Sulawesi Selatan.

BPS Kabupaten Takalar. 2009. Kabupaten Takalar dalam angkah 2008. Badan Pusat Statistik. Provinsi Sulawesi Selatan.

BPS Kabupaten Barru. 2009. Kabupaten Barru dalam angka 2008. Badan Pusat Statistik. Provinsi Sulawesi Selatan.

Helmi Arifin, Melissa, Almahdy, (2004). Efek antidiabetes ekstrak etanol daun Eugenia cumini Merr. pada mencit diabetes yang diinduksi dengan aloksan. Journal Matematika dan Pengetahuan Alam, vol. 13 no. 1, 32-37

Miftahorrachman, 2004. Hubungan Delapan Karakter Vegetatif Dan Komponen Hasil Pinang (Areca catechu L) Sumber-2 TerhadapHasil Buah (Jurnal Zuriat, Vol. 16, No 2, 128 Juli-Desember 2005).

Sastrapradja, S. D. & M.A. Rifai. 1972. Exploration and conservation of the undeveloped genetic resources in Indonesia forests. In report on the LIPI-MAB Workshop on Natural Resources III-B, Jakarta.

Tampake H. dan H. T. Lutungan, 200. Pendugaan Parameter Genetik Dan Korelasi Antara Karakter – Karakter Morfologi Kelapa (Cocos Nucifera, Linn). ( Jurnal LITTRI Vol No. 3. September 2002).

Tjitrosoepomo, G. (1994). “Takstum Obat obatan,”UGM Press, Yogyakarta.

Uji, T. 2005. Keanekaragaman Jenis dan Sumber Plasma Nutfah Durio (Durio spp.) di Indonesia. Buletin Plasma Nutfah 11 (1) : 28 – 33.

Van Lingen TG, 1992. Syzygium jambos (L.) Alston in Verheij EWM, Coronel RE (Eds) Plant Resources of South-East Asia No. 2 edible fruits and nuts,


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 27 times
Tidak berjudul - 17 times