Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk olahan sagu (kapurung) di kota Palopo

Dharma Fidyansari, Sri Nur Aini Aprilia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk olahan sagu (kapurung) di Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan mewawancarai 30 orang konsumen sebagai responden dengan bantuan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menetapkan kriteria yang dibutuhkan oleh peneliti. Data dianalisis dengan menggunakan program pengolahan data statistik SPSS dengan uji asumsi klasik, uji regresi linear dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor perilaku konsumen yang meliputi budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen hal ini didasarkan dari hasil uji F dimana F hitung > F tabel (159,187 > 2,76) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kata kunci: konsumen, perilaku konsumen, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mariaji, W dan Tri, Y. 2014. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Compact Disc (CD) di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Online). Volume 3 (8), https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/603. Diakses 25 Oktober 2017.

Saputri, E.M. 2016. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi (Online). Volume 15 (2),

https://media.neliti.com/media/publications/131297-ID-none.pdf. Diakses 25 Oktober 2017.

Suardika, P., Ambarwati dan sukaatmadja. 2014. Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik CV Golden Leaf Farum Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis (Online). Volume 2 (1), https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/9942. Diakses 25 Oktober 2017.

Supriyono. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Individu dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Membeli di Indomaret. Volume 2 (3), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=380079&val=5694&title=PENGARUH%20FAKTOR%2. Diakses 26 Oktober 2017.

Syamsumarli, P. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian SPEEDY di Makassar. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi Bisnis. Universitas Hasanuddin Makassar, http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/7217/SKRIPSI%20LENGKAP-FEB-MANAJEMEN. Diakses 02 November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v6i3.1096

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.