RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN ANGGREK (DENDROBIUM SP.) PADA BEBERAPA KONSENTRASI AIR CUCIAN IKAN BANDENG DAN AIR CUCIAN BERAS SECARA IN VIVO

Rahman Hairuddin, Mayasari Yamin, Ahmad Riadi

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pemberian air cucian ikan bandeng dan air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman anggrek dan untukmengetahuikonsentrasi yang tepatuntukpenggunaan air cucian ikan bandeng dan air cucian beras terhadappertumbuhan tanaman anggrek.Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Anggrek Fakultas Pertanian Kampus II Universitas Cokroaminoto Palopo, Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara Kota Palopo.Penelitian dilaksanakan mulai dari Bulan Februari sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap, yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 12 unit percobaan. Adapun perlakuan yang digunakan yaitu P0 = kontrol, P1 = air cucian ikan bandeng 50 ml/tanaman dan air cucian beras 50 ml/tanaman. P2 = air cucian Ikan bandeng 100 ml/ tanaman dan air cucian beras 100 ml/tanaman. P3 = air cucian ikan bandeng 150 ml/tanaman dan air cucian beras 150 ml/tanaman.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian air cucian ikan bandeng dan air cucian beras tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, berpengaruh nyata terhadap diameter batang karena penyerapan unsur hara yang tidak terpenuhi oleh tanaman. Perlakuan P1 menghasilkan tinggi tanaman terbaik dengan rata-rata 16.01 cm, jumlah daun terbaik dengan rata-rata 4.67 helai, lebar daun terbaik dengan rata-rata 44.67 cm, dan diameter batang terbaik dengan rata-rata 46.20 cm.

Kata kunci: Air cucian beras, air cucian ikan bandeng, pertumbuhan tanaman anggrek.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, H. 2007. Pengaruh Air Cucian Beras Pada Adenium. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

BPS. 2009. Ekspor dan impor tanaman hias tahun 2003-2008. Statistik Perdagangan Luar Negeri. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Ditjen Perikanan Budidaya (Tekno Ikan). 2007. “Pemanfaatan Limbah Ikan Sebagai Bahan Baku Pupuk Organik”,Agromedia Pustaka, Jakarta.

Pranata, J. 2007. Pemanfaatan Sabut dan Tempurung Kelapa serta Cangkang Sawit

Puspitarini. 2011.“Air cucian Beras Bisa Tumbuhkan Tanaman”, tersedia: air cucian beras bisa-suburkan -tanaman, diakses pada tanggal 22 november 2012.

Sapto Kuntoro, (1989), “Mempelajari Jenis dan Konsentrasi Enzym Proteolitik Terhadap Hidrolisis Daging Ikan Lemuru”, Departemen Teknologi Pertanian, UNIBRAW malang.

Suryowinoto, S. M. danMoeso, S. 1977. Perbanyakan vegetatif pada anggrek.Kanisius.Yogyakarta.

Widiastoety, D., N. Solvia, N., dan M. Soedarjo.2010.Potensi anggrek Dendrobium dalam meningkatkan variasi dan kualitas anggek bunga potong. Jurnal Litbang Pertanian 29 (3) : 101-106.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 8 times
Tidak berjudul - 6 times