PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA PADA KARYA SENI BATIK INDRAMAYU DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI TRANSFORMASI

Sudirman Sudirman, Rosyadi Rosyadi, Wiwit Damayanti Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran Geometri Transformasi. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada dua orang pengusaha batik dan seorang pengusaha kain bordir. Hasil kajian dalam penelitian diperoleh bahwa pada motif Sawat Riwog, Obar Abir dan Bunga Setaman dapat digunakan untuk menjelaskan konsep geometri transformasi seperti konsep translasi dan refleksi serta penggunaan prinsip pengubinan pada satu jenis bangun geometri teselasi yaitu persegi.
Kata Kunci: Etnomatematika, Karya Seni Batik, Geometri Transformasi

Full Text:

Untitled

References


Adam, S. 2004. Ethnomatematical Ideas in the Curriculum. Mathematics Education Journal, 2004. Vol. 16, No. 2, hal. 49-68.

Bishop, J. A. 1991. The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education.Bullatin De La Societe Mathematique. De Belgique, T, XLIII.

D’Ambrosio, U. 2004. Peace, social justice and ethnomathematics. The Montana Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440, Monograph 1, pp.25-34.

Roosilawati, E. 2016. Karakteristik kemampuan bernalar dan memecahkan masalah peserta diklat peningkatan kompetensi Guru kelas sekolah dasar. Diakses tanggal 26 Oktober 2016. Tersedia online:http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802-karakteristik-kemampuan-bernalar-dan-memecahkan-masalah-peserta-diklat-peningkatan-kompetensi-guru.

Kotsaman, M. dkk. 2014. Batik Indramayu (Pesona Batik Kota Mangga). Indramayu: Dekranasda Kabupaten Indramayu.

Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.

Shirley, L. 2008. Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education, 6-13 July 2008.

Spradley, J. P. 2006. Metode Etnografi.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Walle, J. A. 2007. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. (G. Sagara, L. Simarmata, Eds., dan Suyono, Trans.) Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 554 times
Untitled - 949 times