PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA PADA KARYA SENI BATIK INDRAMAYU DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI TRANSFORMASI
Abstract
Kata Kunci: Etnomatematika, Karya Seni Batik, Geometri Transformasi
Full Text:
UntitledReferences
Adam, S. 2004. Ethnomatematical Ideas in the Curriculum. Mathematics Education Journal, 2004. Vol. 16, No. 2, hal. 49-68.
Bishop, J. A. 1991. The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education.Bullatin De La Societe Mathematique. De Belgique, T, XLIII.
D’Ambrosio, U. 2004. Peace, social justice and ethnomathematics. The Montana Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440, Monograph 1, pp.25-34.
Roosilawati, E. 2016. Karakteristik kemampuan bernalar dan memecahkan masalah peserta diklat peningkatan kompetensi Guru kelas sekolah dasar. Diakses tanggal 26 Oktober 2016. Tersedia online:http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802-karakteristik-kemampuan-bernalar-dan-memecahkan-masalah-peserta-diklat-peningkatan-kompetensi-guru.
Kotsaman, M. dkk. 2014. Batik Indramayu (Pesona Batik Kota Mangga). Indramayu: Dekranasda Kabupaten Indramayu.
Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.
Shirley, L. 2008. Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education, 6-13 July 2008.
Spradley, J. P. 2006. Metode Etnografi.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Walle, J. A. 2007. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. (G. Sagara, L. Simarmata, Eds., dan Suyono, Trans.) Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sudirman Sudirman, Rosyadi Rosyadi, Wiwit Damayanti Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.