KEMAMPUAN MENENTUKAN JENIS REDUPLIKASI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTs PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU

RIRIN HARIANTI WULANDARI

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan menentukan reduplikasi dalam bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu sebanyak 40 dan ditarik sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 7 orang (85%) dan siswa yang memperoleh dibawah 75 ke bawah sebanyak 13 orang (15%). Simpulan dari penelitian ini siswa tidak mampu dalam menentukan reduplikasi dalam bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Padang Sappa

Kata Kunci


kemampuan, reduplikasi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharaimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarat: PT Gelora Aksara Permata.

Asrom. 1997. Penuntun Mengarang. Jakarta: Adi citra.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budiman, Eka. 1992. Menggebrak kemampuan Menulis. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusanatara.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djumingin, dkk. 2014. Strategi dan Aplikasi. Makassar: UNM.

Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Makassar: IKIP.

Gie, The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Liberty dan Balai Bimbingan Mengarang.

Hadi, Sutrisno.1993. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Junus, Andi Muhammad. 2000. Keterampilan Menulis. Makassar: UNM.

Keraf Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Latifah. 2010. Efektivitas Metode Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XI SMK N 13 Bandung. http://repository.upi.edu. Diunduh tanggal 28 Mei 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.v2i2.933

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 3 times
Tidak berjudul - 1 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##