KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MENGUNAKAN MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

Sri Anna, Suparman Suparman

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan menulis karangan argumentasi mengunakan media Wall Chart (bagan dinding) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara sebanyak 99 dan ditarik sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 7,5 ke atas sebanyak 5 orang (20%) dan siswa yang memperoleh dibawah 7,5 sebanyak 20 orang (80%). Simpulan dari penelitian ini siswa tidak mampu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media Wall Chart (Bagan dinding).

Kata Kunci


kemampuan, karangan argumentasi, media Wall Chart (bagan dinding)

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharaimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarat: PT Gelora Aksara Permata.

Asrom. 1997. Penuntun Mengarang. Jakarta: Adi citra.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budiman, Eka. 1992. Menggebrak kemampuan Menulis. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusanatara.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djumingin, dkk. 2014. Strategi dan Aplikasi. Makassar: UNM.

Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Makassar: IKIP.

Gie, The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Liberty

dan Balai Bimbingan Mengarang.

Hadi, Sutrisno.1993. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Junus, Andi Muhammad. 2000. Keterampilan Menulis. Makassar: UNM.

Keraf Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

___________, Burhan. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: BPFE.

Nursisto. 1988. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Saadie, Ma’mur. 2007. Strategi Pambelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Unversitas terbuka.

Sudaryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jilid I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sitindaon, Gustaf. 1984. Pengantar Linguistik dan Tata Bahasa, Bahasa Indonesia.

Bandung: Pustaka Prima.

Supinah, Pien dan Suhendar. 1992. MKDU(Mata Kuliah Dasar) Bahasa

Indonesia. Bandung: Pionir Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##