KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MENGUNAKAN MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

Sri Anna

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan menulis karangan argumentasi mengunakan media Wall Chart (bagan dinding) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara sebanyak 99 dan ditarik sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 7,5 ke atas sebanyak 5 orang (20%) dan siswa yang memperoleh dibawah 7,5 sebanyak 20 orang (80%). Simpulan dari penelitian ini siswa tidak mampu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media Wall Chart (Bagan dinding).

Kata Kunci


kemampuan, karangan argumentasi, media Wall Chart (bagan dinding)

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharaimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarat: PT Gelora Aksara Permata.

Asrom. 1997. Penuntun Mengarang. Jakarta: Adi citra.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budiman, Eka. 1992. Menggebrak kemampuan Menulis. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusanatara.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djumingin, dkk. 2014. Strategi dan Aplikasi. Makassar: UNM.

Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Makassar: IKIP.

Gie, The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Liberty

dan Balai Bimbingan Mengarang.

Hadi, Sutrisno.1993. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Junus, Andi Muhammad. 2000. Keterampilan Menulis. Makassar: UNM.

Keraf Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

___________, Burhan. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: BPFE.

Nursisto. 1988. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Saadie, Ma’mur. 2007. Strategi Pambelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Unversitas terbuka.

Sudaryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jilid I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sitindaon, Gustaf. 1984. Pengantar Linguistik dan Tata Bahasa, Bahasa Indonesia.

Bandung: Pustaka Prima.

Supinah, Pien dan Suhendar. 1992. MKDU(Mata Kuliah Dasar) Bahasa

Indonesia. Bandung: Pionir Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 11 times
Tidak berjudul - 36 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##