KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALOPO

Iis Suharningsih

Sari


Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif, tujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi menggunakan model example non example SMP Negeri 14 palopo.Sampel penelitian ini siswa kelas VIII yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriftif. Berdasarkan tolok ukur kemampuan siswa, tolok ukur kemampuan siswa, yakni jika 85% dari jumlah siswa memeroleh nilai 77 ke atas, maka dianggap mampu, jika 85% dari jumlah siswa memeroleh 77 ke bawah maka dianggap tidak mampu. Hasil penelitian dapat diketahui siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo sudah mampu menulis puisi dengan menggunakan model example non example. Berdasarkan tolok ukur kemampuan siswa, dari hasil pengelohan data diketahui bahwa sampel yang mendapatkan nilai 77 ke atas sebanyak 27 ke atas atau (93,10%), sedangkan yang mendapatkan nilai 77 ke bawah sebanyak 2 ke atas atau (6,9%). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo mampu menulis puisi. Hal ini berarti bahwa kemampuan siswa untuk menulis puisi menggunakan model example non example sudah mampu.

Kata Kunci


menulispuisi, model example non example

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abduh , A. 2013. Keterampilan Menulis. Palopo. Universitas Cokroaminoto Palopo.

Djafar, A. N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Example non Example untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Vol 15. No 2.

Huda, M. 2015. Model-model Pembelajran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Romelah. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Mengalir Berbantuan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pangetan.Vol 13. No 1.

Tarigan, G. H. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. CV. Angkasa.

Taringan, G. H. 2013. Menulis sebagai Suatu Kerampilan Berbahasa. Bandung. CV. Angkasa.

Pradopo, D. R. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Wardika. 2014. Pengaruh Model Example non Example terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III kecamatan Tampaksiring. Vol 2. No1.

Yuliani. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tearmuments (TGT) pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 5 Palopo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Palopo. PBSI-UNCP.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2017.914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 52 times
Tidak berjudul - 94 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##