ASPEK MORALITAS DAN NILAI BUDAYA CERITA ASAL USUL BATUSITANDUK KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU

Tedi Setiad Anwar

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aspek moralitas dan nilai budaya cerita asal usul Batusitanduk. Penelitian ini didesain secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan data-data yang ada sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek moralitas dan nilai budaya cerita asal usul Batusitanduk, sumber data dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu, data primer adalah aspek moralitas dan nilai budaya cerita asalusul Batusitanduk dan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek moralitas yakni tidak boleh mencuci piring di sungai dan membuang sisa makanan serta berkaitan dengan paham animisme. Sedangkan nilai budaya yang terdapat di dalamnya yakni berkaitan dengan pesta panen dan larangan keluar rumah pada saat malam Jum’at. Adapun cerita asal usul Batusitanduk yang bermula dari suara gemuruh yang sering didengar oleh masyarakat setempat sehingga masyarakat setempat sepakat menamakan daerah tersebut Batusitanduk.

Kata Kunci


moralitas, budaya, asal usul Batusitanduk

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Biyantari, Linda Arik. 2009. Aspek Moral dalam Novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis Tinjauan Semiotik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Tersedia: http//www.googlecendekia.com/doc.Diakses 10 Januari 2017.

Desi dan Sulisyorini. 2013. Moralitas dalam Novel Negeri Lima Menara. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Gusal, La Ode. 2015. Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La ode Gusal. Jurnal Humanika Vol. 3 no.15, Desember 2015/ISSN 1979-8296. .

Surbakti, Ernawati Br. 2014. Nilai Budaya dalam Leksikon Erpangir Ku Lau Tradisi Suku Karo. Jurnal Telangkai Bahasa dan Sastra. Program Studi Linguistik FIB USU, ISSN. Volume. 2 No 1.

Suryani, Tikah. 2016. Analisis Nilai-nilai Moral Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Edisi 5. Artikel E-Journal. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja ali Haji.Diakses tahun 2016.

Sutalman, dkk. 2012. Pendidikan Etika dan Moral. Modul. Universitas Cokroaminoto Palopo.

Uhi, Jannes Alexander. 2016. Filsafat Kebudayaan Konstruksi Pemikiran Cornelis Anthonie van Peursen dan Catatan Reflektifnya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2017.913

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 10 times
Tidak berjudul - 16 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##