KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA PALOPO

JOSILIA LOTTO LIMBONG, SUPARMAN SUPARMAN

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII B yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Kota Palopo dalam menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri, yaitu 75,31. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari sampel yang mendapat nilai 100 berjumlah 3 (19%); sampel yang mendapat nilai 80 berjumlah 1 (6%); sampel yang mendapat nilai 75 berjumlah 4 (25%); sampel yang mendapat nilai 70 berjumlah 2 (13%); sampel yang mendapat nilai 65 berjumlah 5 (31%); sampel yang mendapat nilai 60 berjumlah 1 (6%). Apabila dikonfirmasikan dengan KKM, maka kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Kota Palopo, yaitu yang mendapat nilai 77 ke atas sebanyak 4 sampel (25%), sedangkan yang mendapat nilai di bawah 77 sebanyak 12 sampel (75%). Dilihat dari tolok ukur kemampuan, siswa belum dapat dikatakan mampu karena siswa yang memperoleh nilai 77 ke atas tidak mencapai 85%.

Kata Kunci


unsur intrinsik, cerpen, inkuiri

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alamsyah, H. 2015. Kemampuan Mengapresiasi Cerpen “Lamitta Karya Endah Wahyuni” pada Siswa Kelas XI SMK Neco Jaya Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo. FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

. 2008. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Bina Aksara.

Armoni, K. 2014. Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN 2 Penglumbaran Susut Bangli Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Bahasa dan Sastra. karya-ilmiah.um.ac.id (pdf). Diakses 12 Maret 2017.

Djumingin, S. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar. Badan penerbit UNM.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Phoenix, T. P. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Pustaka Phoenix.

Purba, A. 2010. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Rafiek. 2013. Pengkajian Sastra. Bandung. Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Tiro, M. A. 2008. Dasar-dasar Statistika. Edisi Ketiga. Makassar. Andira Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.895

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##