KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALOPO

Amalia Amalia

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menentukan ide pokok wacana argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan satu kelompok. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII.A yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII.A SMP Negeri 10 Palopo dalam menentukan ide pokok wacana argumentasi, yaitu 68,24. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari sampel yang mendapat nilai 100 berjumlah 1 (5,9%); sampel yang mendapat nilai 85 berjumlah 1 (5,9%); sampel yang mendapat nilai 80 berjumlah 5 (29,4%); sampel yang mendapat nilai 70 berjumlah 1 (5,9%); sampel yang mendapat nilai 65 berjumlah 1 (5,9%); sampel yang mendapat nilai 60 berjumlah 6 (35,2%); sampel yang mendapat nilai 55 berjumlah 1 (5,9%); sampel yang mendapat nilai 25 berjumlah 1 (5,9%). Apabila dikonfirmasikan dengan KKM sekolah, maka kemampuan menentukan ide pokok wacana argumentasi siswa kelas VIII.A SMP Negeri 10 Palopo, yaitu yang mendapat nilai 77 ke atas sebanyak 7 sampel (41,2%), sedangkan yang mendapat nilai di bawah 77 sebanyak 10 sampel (58,8%). Dilihat dari tolok ukur kemampuan, siswa belum dapat dikatakan mampu karena siswa yang memperoleh nilai 77 ke atas tidak mencapai 85%.

Kata Kunci


ide pokok, wacana argumentasi

Referensi


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

. 2008. Metodologi Penelitian. Bina Akasara. Yogyakarta.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Keraf, Gorys. 1995. Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

. 2007. Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Yrama Widya. Bandung.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE. Yogyakarta.

Saadie, Ma’mur. 2007. Strategi Pambelajaran Bahasa Indonesia. Unversitas terbuka. Jakarta.

Sumadyo, Samsu. 2011. Stategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa. Depdikbud. Jakarta.

Zuhdi, Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. UNY Press. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.894

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##