Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Pendekatan Whole Language pada Siswa Kelas VI SD Negeri 246 Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone

Nirwana Nirwana

Sari


language dalam pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VI SD Negeri 246 Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone (2) peningkatan kemampuan membaca cepat melalui pendekatan whole language pada siswa kelas VI SD Negeri 246 Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Fokus penelitian aktivitas guru dan siswa, serta hasil Pembelajaran membaca cepat dengan pendekatan whole language dengan subjek penelitian siswa Kelas VI SD yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan di kelas dengan menggunakan empat penilaian yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji dengan menggunakan data proses yang dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data hasil membaca cepat dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VI SD Negeri 246 Bulu-bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pelaksanaan siklus I siswa sudah termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran walaupun masih terdapat sebagian siswa yang kurang aktif dan tidak aktif. Pada siklus II siswa aktif mengikuti pembelajaran, memperhatikan penjelasan guru, membaca teks dengan benar, memahami teks bacaan, menemukan ide pokok, dan menyimpulkan isi bacaan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada saat mengajar meningkatkan keterlaksanaan aktivitas mengajar guru dalam kegiatan membaca cepat siswa. (2) Siklus I terdapat 15 orang siswa (57,69%) yang memiliki kemampuan membaca cepat dan masuk dalam kategori tercapai dan meningkat pada siklus II sebanyak 23 orang siswa (88,46%). Aspek menentukan ide pokok pada siklus I yaitu 52,38 meningkat pada siklus II yaitu 79,88, dan peningkatan ketuntasan pada siklus I yaitu 30,77% meningkat pada siklus II yaitu 92,31%. Aspek menyimpulkan isi bacaan pada siklus I yaitu 53,62 meningkat pada siklus II yaitu 79,69, dan peningkatan ketuntasan menyimpulkan isi bacaan pada siklus I yaitu 38,46% meningkat pada siklus II yaitu 92,31%. Aspek menjawab pertanyaan ≤ 65% pada siklus I yaitu 63,81 meningkat pada siklus II yaitu 80,77, dan peningkatan ketuntasan pada siklus I yaitu 38,46% meningkat pada siklus II yaitu 92,31%. Secara kumulatif nilai kemampuan siswa menemukan ide pokok, menyimpulkan isi bacaan, dan menjawab pertanyaan dengan benar pada siklus I yaitu 57 meningkat pada siklus II yaitu 80.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Andini. 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD dengan Metode Mueller. Online. http : //www.geogle . co.id/ search.

Ariani, Farida. 2004. Keterampilan Membaca. Jakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa.

Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown. 1990. Pengertian Whole Language. Online. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195303121979032N._TATAT_HARTATI/Penelitian/Model_Pembelajaran_Whole_Language.pdf. Diakses 25 November 2012.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indoneia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.

Fanany. 2012. Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta: Araska.

Goodman, K. 1986. What’s Whole Language? Portsmouth, NH: Heinnemann.

Halliday. 1984. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold. Online. http://www.geogle. co.id/ search. Diakses 11 Desember 2012.

Hartati T., dkk. 2006. Pendekatan Whole Language. Online. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195303121979032N._TATAT_HARTATI/Penelitian/Model_Pembelajaran_Whole_Language.pdf. Diakses 25 November 2012.

Hastuti, Catarina Sri dan Murdiwiyono. 2009. Cara Baru Belajar Cerdas Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, Rahayu. 1997. Pengetesan Kemampuan Membaca Komunikatif. Jakarta: Inter Nusa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.