Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Eksposisi

Darmawati Darmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan proses penerapan media berita dalam pembelajaran siswa kelas X Nautika B SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo dan peningkatan hasil pembelajaran menulis wacana eksposisi dengan menggunakan media berita dalam koran pada siswa kelas X Nautika B SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang terdiri atas 2 siklus, dan tiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian ini berfokus pada seluruh aktivitas guru dan siswa. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil menulis wacana eksposisi dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan proses penggunaan media berita dalam koran pada pembelajaran menulis wacana eksposisi siswa kelas X Nautika B SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo. Hal tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media berita dalam koran pada siklus I masih dikategorikan kurang aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan proses yang menunjukkan rata-rata berada pada kategori aktif (2) terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis wacana eksposisi dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I hanya 73,04 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 83,72. Hasil keterampilan siswa pada siklus I belum dapat dikategorikan tuntas karena hanya 11 (44%) siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan minimal diperoleh 23 (92%) siswa dengan nilai 75 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru yang mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis khususnya wacana eksposisi disarankan hendaknya menerapkan media berita dalam koran.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Eti, Nunung Yuli. 2005. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Klaten: Intanpariwara.

Jauhari, heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung : Nuansa Cendekia

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Jakarta: Grasindo.

__________. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

__________. 1995. Eksposisi. Jakarta. Grasindo.

Patombongi, A.W., dkk. 2008. Telaah Kurikulum. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Rahayu, Minto. 2009. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Ramly & Aziz. 2008. Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Widjono. 2005. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Wiyanto, Asul.2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.