Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan dalam Bentuk Karangan Deskripsi Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Palopo Melalui Penerapan Strategi Neighborhood Walk

Midin Sianti

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Paopo dalam menulis laporan dalam bentuk karangan deskripsi melalui strategi pembelajaran Neighborhood Walk.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan ke;as (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Paopo Semester ganjjil tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan portofolio. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan melalui tahap-tahap: (1) menelaah seluruh data, (2) mereduksi data, (3) menyajikan data, dan (4) menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama laporan dalam bentuk karangan deskripsi yang dibuat siswa hanya 9 (28,1%) siswa yang mencapai nilai KKM (75), sedangkan 23 (71,9%) siswa nilainya masih berada di bawah nilai KKM. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus kedua, hasil penilaian tulisan siswa menunjukkan bahwa hanya 2 (6,2%) siswa yang nilainya tidak mencapai nilai KKM. Sedangkan 30 (93,8%) siswa yang nilainya mencapai bahkan melampaui nilai KKM. Jadi, penerapan strategi Neighborhood Walk dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Paopo menulis laporan dalam bentuk karangan deskripsi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ahmadi, Muksin. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3 Malang.

Ambo Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Model Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: BSNP dan Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Mandikdasmen Depdiknas.

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Meneyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dryden, Gordon dan Jeanette Vos. 2003. Revolusi Cara Belajar. Bagian I. Bandung: Kaifa.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Prasetyo, Budi. 2004. Peningkatan Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Strategi Neighborhood Walk di Kelas 2 SMP 4 Tanah Grogot. Tesis. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Suparno. 2001. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual. Makalah Disajikan dalam Simposium Guru di Wisma Raya Bogor, 2 – 6 November 2001.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.