Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

M. Nurhakim

Sari


Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) proses dan hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah (2) proses dan hasil penerapan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan secara signifikan keterampilan menulis eksposisi antara yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelompok, yaitu siswa kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial. Proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah sudah menunjukkan sikap disiplin, responsif, santun, dan jujur. Adapun hasil perolehan nilai rata-rata setelah diadakan perlakuan rata-rata tulisan siswa sudah baik, hal tersebut salah satunya tampak pada aspek isi yang dilaporkan relevan dengan masalah yang dibahas. Proses penerapan model pembelajaran konvensional juga sudah menunjukkan sikap disiplin, responsif, santun, dan jujur. Adapun hasil perolehan nilai rata-rata setelah diadakan perlakuan rata-rata tulisan siswa masih terdapat banyak kesalahan, salah satunya tampak pada aspek kosakata dan diksi, menunjukkan bahwa penggunaan kata masih terbatas dan pilihan kata yang digunakan juga masih kurang tepat. Terdapat perbedaan yang signifikan, tampak dari perolehan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 78,65, sedangkan kelas kontrol hanya 73,00. Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai th 3,553 > tt 2,014 pada taraf signifikan 0,001, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis eksposisi siswa kelas X SMK YPLP PGRI 1 Makassar.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ahmad, Andi. 2009. “Keefektifan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Kreativitas Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri Pakue Kabupaten Kolaka Utara”. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Anzar. 2012. “Keefektifan Model Problem Based Instruction (PBI) dalam Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Inti. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Muktadir, Abdul. 2011. “Penerapan Metode Think, Talk, Write (TTW) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 6, No 4 (http://wacana. jurnal.universitasbengkulu.ac.id, Diakses 28 September 2013).

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rahim, Rahman. 2009. Bina Bahasa. Makassar: Unismuh Makassar.

Samsudin, Asep. 2012. “Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis”. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Vol. 13, No 2 (http jurnal. upi. edu%2 Ffile %2 F Asep_Samsudin1. pdf. Diakses 28 September 2013).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tompkins, Gaile E. 1994. Teaching Writing. Balancing Process and Product. New York: Macmillan College Publishing Company.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.