Peningkatan Hasil Pembelajaran Menulis Surat

Etik Etik

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis surat pembaca dengan metode pendekatan proses dan karya wisata siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Lamasi Kab. Luwu. . Dari hasil observasi pada sekolah yang menjadi lokasi penelitian, diketahui bahwa jumlah keseluruhan siswa adalah 40 orang siswa yang menempati satu kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar menulis surat pembaca dengan metode pendekatan proses dan karya wisata terjadi pada setiap komponen penilaian aktivitas. Aktivitas yang diberi penilaian secara klasikal dan bersifat kualitatif saat siklus I 22,5 dan siklus II 85,5. Peningkatan aktivitas belajar mengakibatkan peningkatan kemampuan menulis surat pembaca. Hal ini terlihat dari hasi belajar yang dicapai oleh siswa. Aktivitas belajar dan menulis surat pembaca siswa meningkat karena peneliti telah menerapkan beberapa cara dalam pembelajaran menulis surat pembaca. Peningkatan ini memberikan indikasi positif bahwa, metode yang dipakai dalam penelitian ini berhasil.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhadiah. 1998. Pembina Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto Suharsimi, 1997,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktika,

Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan, Nurgiantoro. 1989. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE.

Dawud. 2007. Bahasa Indonesia. Malang: Erlangga.

Djamarah. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Usaha Nasional.

Djago, Taringan.1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Ellis dkk. 1989. Elementary Language Oral Introduction Engelwood Chiffts.

Pretince Hall.

Good dan scates, 1954, Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Harvad University.of Inst.

Hoskinson dan Tomkinds 1995, 100 Ways to Enhance Values and Morality in School and Youth Settings. Massachusetts.

Kerlinger, 1973, Membaca Cepat dan Efektif,Alternative Tuturan Alih dalam Meningkatkan SDM pada Era Informasi.Ujung Pandang: FPBS IKIP.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Semi. M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Simamora, Roymond H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: egc.

St. Y. Slamet. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Syafi’i. 1988. Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Depdiknas- UT.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2015.242

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##