PENERAPAN METODE RULE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 23 BATARA KOTA PALOPO

M Zulham

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara sebelum penerapan metode rule learning, (2) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning, (3) peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes yang terdiri dari dua yaitu pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh adalah (1) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara sebelum penerapan metode rule learning berada pada kategori sedang, (2) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning berada pada kategori tinggi, (3) peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning berada pada kategori sedang.

Kata Kunci


Metode Rule Learning, Hasil Belajar, Berbicara

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1988. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyanto, Burhan. 2005. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rofi’uddin, Ahmad & Zuhdi, Darmiyati. 1998. Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi . Jakarta: depdikbud.

Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: JICA.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Syahruddin. 2010. Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Maros: YAPIM.

Tarigan, H.G. 1983. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##