MODALITAS PADA WACANA KELAS: KAJIAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL

Charmilasari Charmilasari

Sari


Artikel ini memaparkan bentuk modalitas yang digunakan oleh guru dalam membingkai pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan teori Linguistik Sistemik Fungsional Halliday. Data dalam bentuk transkripsi rekaman tuturan guru selama proses pembelajaran di dalam kelas dianalisis dengan menggunakan teori Halliday. Analisis data menghasilkan Modalitas yang paling dominan adalah modalitas probabilitas pada derajat menengah.. Hal ini menunjukkan bahwa guru menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan masih penuh keraguan. Penggunaan modulasi yang paling dominan adalah modulasi kecenderungan yang menyatakan pendapat guru dalam menuntut siswa untuk aktif dalam membangkitkan minta dan rasa ingin tahu dan memancing kemauan siswa dalam informasi atau ilmu pengetahuan yang dibahas.

Kata Kunci


modalitas, wacana kelas, linguistik sistemik fungsional

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bloor, T. dan Bloor, M. 1995. The Functional Analysis of English. Second Edition. New York: Oxford University Press.

Butt, dkk. 2000. Using Functional Grammar: An Explorer’s Guide. Edisi 2. Sydney: NCELTR, Macquarie University.

Cahyotomo, Anom. 2011. Peran Guru dalam Pembelajaran, (online),http://anomsblg.wordpress.com/profesi-kependidikan/peran-guru-dalam-pembelajaran/ diakses 23 September 2014.

Christie, Frances. 2002. Classroom Discourse Analysis: A Functional Perspective. London: Continuum.

Eggins, Suzanne. 2004. 2nd Ed. An Introduction Systemic Functional Linguistics. London & NY: Continuum.

Fairclough, 1995a. Critical Discourse Analysis. London: Longman.

Halliday, M.A.K. 1990. An Introduction to Fungsional Grammar. London: Edward Arnold.

Halliday dan Hasan. 1985. Bahasa, Konteks dan Teks: Aspek-aspek Bahasa Dalam Pandangan Semiotik Sosial. Terjemahan oleh Asruddin Barori Tou. 1994. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jorgensen, Marianne dan Philips, Louise. Analisis Wacana (Teori dan Metode). Terjemahan oleh Imam Suyitno dkk. 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schiffrin, Deborah. 1994. Ancangan Kajian Wacana. Terjemahan oleh Unang dkk. 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinar, Tengku Silvana. 2008. Teori dan Analisis Wacana (Pendekatan Sistemik-Fungsional). Medan: Pustaka Bangsa Press.

Suardana. 2008. The Analysis of Transitivity Shift on Translation Mengapa Bali Disebut Pulau Seribu Pura. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Walsh, Steve. 2006. Investigating Classroom Discourse. London: Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 2 times
Tidak berjudul - 1 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##