KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BUA PONRANG KABUPATEN LUWU

Suparman Suparman

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan model picture and picture dalam menulis naskah drama siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Bua Ponrang kabupaten luwu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini siswa sebagai subjek diberikan satu kali pengukuran tes awal (pretest) dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa sebelum adanya perlakuan dan mengetahui pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dan siswa diberikan perlakuan berupa tes akhir (posttes) untuk mengukur keterampilan menulis setelah mendapat perlakuan. Hasil analisi data menggunakan t_(hitung )dan t_tabel pada kelas kontrol atau kelas tanpa menggunakan model dihasilkan nilai t_(hitung )(-411) lebih kecil dari nilai t_tabel (-2.073) pada taraf signifikan 5% df 22 (-411 < -2.073) dan pada kelas eksperimen merupakan kelas dengan menggunakan model picture and picture dalam menulis naskah drama dihasilkan t_(hitung ) (-6.781) lebih besar dari nilai t_tabel (-2.051) pada taraf signifikan 5% df 27 (-6.781> -2.051) dan hasil analisi tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah keterampilan menulis naskah drama kelas eksperimen dengan menggunakan model picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture dalam menulis naskah drama efektif digunakan, karena secara klasikal kemampuan menulis naskah drama mencapi 100%, dilihat dari hasil posttest menulis naskah drama siswa memperoleh nilai 75 ke atas yaitu 100% pada kelas eksperimen sehinngga model picture and picture lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan model picture and picture.

Kata Kunci


picture and picture, naskah drama

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Adesta, M. 2014. Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Univesitas Lampung.

Creswell, J. W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Dewi, F. K.2013. Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Bringin 02 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Semarang.

Djumingin, S. 2011. Srategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Endraswara, S. 2014. Metode Pembelajaran Drama Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Fatimah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Vol. 1 No. 2 Oktober 2016.

Isnaini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Strategi Buku Bergambar Minim Kata Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Imogiri, Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusumawati, K. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Kedungwuni. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Semarang.

Marantika, J. E.R. 2014. Drama Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. 92 Tahuri. Vol. 11.No. 2 Agustus 2014.

Natalia, N. D. 2014. Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 banyuasin II Wahana Didaktika. Vol. 12 No. 3 september 2014.

Nurgiantoro. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurhamidah, D. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Cerpen. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan-Universitas Islam Negeri.

Sholihuddin. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Dengan Teknik Picture And Picture Melalui Media Gamba Berseri Pada Siswa Kelas Viii B Mts Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Semarang.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar statistik. Andira publisher. Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 1 times
Tidak berjudul - 1 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##