KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN MEMARAFRASEKAN CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAPPEDECENG

Harsia Harsia, Ni Putu Marina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model dua tinggal dua tamu (two stay two stray) pada pembelajaran memarafrasekan cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mappedeceng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini didesain dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol, yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model two stay two stray dalam memarafrasekan cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mappedeceng. Ini dibuktikkan dari hasil uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh p < 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya, ada perbedaan kemampuan memarafrasekan cerpen antara kelompok yang menerapkan model two stay two stray dengan yang tidak menerapkan model two stay two stray. Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) posttest memarafrasekan cerpen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata 22,783 sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 27,318.

Kata Kunci


Two Stay Two Stray, parafrase

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ahmadi, 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YE.

Aida, 2014 dengan judul keefektifan metode two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa prancis pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. Palopo: Universitas Yogyakarta. Volume: 2 E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia http://univtridinanti.ac.id/ejournal/index.php/bahasa/article/view/329. (Diakses pada 12 Januari 2016)

Akhadiah, 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Anjasmara, 2014. Keefektifan Teknik Scrambel dalam Pembelajaran Cerpen Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.

Dian, 2016. Kemampuan Memarafrasekan Puisi Hijau Dalam Mimpi Karya S.S.Saputra Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Endah, 2012. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi: Aksara

Fachruddin, 1985. Bahasa Indonesia (Buku Pegangan Mata Kuliah Dasar Umum). Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang

Fitriani, 2013. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Pascasarjana-UNM.

FKIP, 2013. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Hasan, 2014. Kemampuan Menulis Karangan deskripsi melalui Audio Visual. Skripsi. Palopo:Universitascokro Aminoto Palopo.

Hendy, 1988. Pelajaran Sastra. Jakarta: Gramedia.

Hijrah, 2012. Korelasi Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Kasim, 2013. Peranan Metode Cooperatif Learning Tipe TS-TS dalam Menulis Karangan Narasi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 6 Palopo. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Komang. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Metode Brainstorming. Skripsi. Palopo: Universitascokro Aminoto Palopo.

Nurgiantoro, 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiantoro, 2007. Teori Pengkajian Prosa Fiksi. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurkancana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purba, 2010. Sastra Indonesia Kontemporer.Yokyakarta: Graha Ilmu.

Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastriningsih, 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thahar, 2008. Pengertian Cerpen Jakarta: Bumi: Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 0 times
Tidak berjudul - 1 times

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##