Well-Defined and Ill-Defined Problems dalam Pembelajaran Matematika

Hamzah Upu

Sari


Salah satu· faktor penting· yang mempengaruhi pembelajaran rnaternatika dari semua jenjang adalah bagaimana membuat masalah matematika menjadi jelas (well-defined problems). Jika hal ini dapat dilakukan, maka siswa memiliki cara, tujuan, dan langkah-Iangkah yang jelas tentang persoalan matematika yang dihadapi. Selain itu, dengan well-defined problems siswa akan rnengetahui sasaran akhir yang ingin dicari dari suatu persoaJan maternatika. Hal paling menarik berkaitan dengan well-defined problems adalah bahwa dalam matematika setiap masalah teiah diatur langkah-langkah dan aturan yang jelas yang disebut definisi, aksioma, teorema, teori, dan rumus

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Baddeley, A. 1990. Human Memory: -Theory and Practice. Allyn Bacon, Boston.

Coffey, et. aI. 1995. Assessing problem solving and project work. In J. Wakefield and L. Velardi (Eds). Celeberating mathematics learning.

The Mathematical Association of Victoria, Melbourne.

Mac Gregar, M. 1995. Writing algebraic equation for patterns and problems. In J. Wakefield and L. Velardi (Eds). Celeberating mathematics learning. The Mathematical Association of Victoria,

Meboume. Munro, J. (1995). Matching mathematics teaching and cognitive style. In J. Wakefield and L. Velardi (Eds). Celeberating mathematics learning. The Mathematical Association of Victoria, Melbourne.

Reitman, W.R. (1964). Heuristic decision procedures, open constraints, and the structure of ill-defined problems. In M.W Shelley & G.L Brayn (Eds). Human judgements and optimality. Ny: Wiley. In Margaret W. Matlin. Cognition, third Edition. NY: Harcourt Brace Publisher.

Roberts, T. (1995). What makes a good maths problems? In J. Wakefield and L. Velardi (Eds). Celeberating mathematics learning. The Mathematical Association of Victoria, Melbourne.

Sullivan, P. (1995). A problem solving approach to teaching and learning matematics. In J. Wakefield and L. Velardi (Eds). Celeberating mathematics learning. The Mathematical Association of Victoria, Melbourne.

White, A. (1995). Mathematical modeling, problem-based learning and theteaheras a metakognitive coach. In Jeffrey, W and Lucy, V (Eds). Celeberating mathematics learning. The Mathematical Association of Victoria, Melbourne.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.