Strategi Pengelolaan Pendidikan Yang Berorientasi Kecakapan Hidup

Suaedi Suaedi

Sari


Pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memperoleh bekal keterampilan atau keahlian yang' dapat dijadikan sebagai sumber penghidupannya, Agar lulusan dapat menyesuaikan diri secara cepat dengan lingkungan kerja yang berkembang pesat, program pendidikan kejuruan perIu dikembangkan dengan basis pengetahuan dan teknologi yang luas. Program dikembangkan tidak hanya berorientasi pada pengembangan keterampilan semata, tetapi juga berorientasi pada proses yang mengembangkan kemampuan berpikir logis, etis, dan estetis, serta kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan lingkungan dan tuntutan dunia kerja,

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tenatang Sistem Pendidikan Nasioanl. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Eriyatno. 1999. Ilmu Sistem: Meningkatkan Mutu dan Efektivitas

Manajemen. Bogor: IPB Press

JalaIuddin. 2007. Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Kaufman, R. dan Z. Douglas. 1993. Quality Management Plus The Continuous Improvement of Education. Corwin Press, Inc. A sage Publication Company Newbury Park, California.

Lye, J. 1996. What is Systems Theory? [Last updated on September23,

llttp :llwww.brocku.calcorrunstudies/courses/2F50/system.h

tml.

Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Unesa University

Press. Surabaya.

Schultz, A.W. 'Education in Human Capital' di dalam buku Blaug, M (Editor). (1968). Economic of Education. Penguin Books Australia Ltd. Ringwood, Victoria, Australia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Rineka cipta. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.