Analisis Kandungan Logam Berat Kadmium (Cd) pada Tanaman Lamun (enha/us acroides) di Perairan Labombo Palopo

Susanna Susanna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Perbedaan kadar unsur logam berat cadmium. (Cd) yang terdapat pada akar, daun, dan buah lamun (Enhalus acroides) di perairan Labombo Palopo. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah akar, batang, daun, dan buah lamun. Prosedur penelitian ini terdiri dari.Tahap Persiapan, Tahap Penelitian Lapangan, Tahap Penelitian Laboratorium, Pembuatan Larutan Standar Cadmium (Cd), dalam penelitian ini larutan Cd dibuat dari senyawa CdS04 8H20. Pengeringan Sampel Tanaman Lamun dalam oven kemudian pengabuan Sampel Tanaman Lamun. Pengujian Kadar Logam Berat Organ Tanaman Lamun, Tahap Akhir adalah mengumpulkan data berupa absorbansi dari setiap sampel yang diukur kadar logam beratnya (Cd), yang dilakukan 3 kali pengukuran untuk setiap sampel organ tanaman (akar, daun, dan buah). Data dianalisis dengan 2 jenis analisis statistik yaitu deskriptif dan statistik parametrik inferensial (ANA VA) satu jalur. Analisis statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan kadar unsur logam berat cadmium (Cd) pada bagian akar, daun, dan buah lamun (Enhalus acroides) yang diambil dari perairan Labombo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, daun dan buah lamun mengandung Cadmium yang tinggi. Yaitu akar 16;404 ppm, , daun 3,950 ppm dan buah lamun 2, 305 ppm

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arsal, M. 2001. Analisis Kadar Logam Berat Timbal (Pb) pada Udang Windu (Pneaeus monodon) yang Dibudidayakan dalam Tambak Di Sekitar Gerbang Tol Lama Makassar. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hamka, Ismail, dan Wiharto. 2000. Pemeriksaan Kadar Timbal dalam Daun dan Air Rebusan Tumbuhan Paliasa (Kleinhovia hospital L.) yang Terdapat Di Kotamadya Makassar. FMIPA VNM. Makassar.

Inswiarsi. 1997. Kadar Logam Cu, Pb, Cd, dan Cr dalam Ikan Segar dan Kerang dari Teluk Jakarta Tahun 1995/1996. Dalam Buletin Peneliti Kesehatan Vocabulary. 25. No 1. Tahun 1997.

Juni Astuti, M. Nurdin dan Ahmad Munir. 2008. Valuasi Ekonomi Sumberdaya A lam d{JJ1Lingkungan Pesisir Kola Bontang Kalimantan Timur. (Makalah).

Lu, F.G. 1995. Toksokologi Dasar: Asas, Organ Sasaran dan

Penilaian Resiko. Edisi Kedua. Terjemahan. UI. Press.

Jakarta.

Sololiman. 1996. Air Limbah Rumab Tangga untuk Budidaya Ikan.

Trubus Agrisarana. Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 421 times
Tidak berjudul - 3 times