Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VllI4 SMP Negeri 8 Palopo melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Ekha Satriany

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VULt SMPN 8
Palopo semester genap tahun pelajaran 2008/2009 denganjumlah siswa
sebanyak 40 orang (21 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan). Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1)Meningkatnya
hasil belajar matematika siswa kelas VULt SMP Negeri 8 Palolpo dengan skor rata-rata siswa adalah 62,63 dan standar deviasi 10,30 pada siklus I sedangkan pada siklus II skor rata-rata siswa 70,75 dan standar deviasi 9,94 dengan skor ideal 100. Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah dari 35,0% atau 14 dari 40 orang siswa pada siklus I menjadi 90,0% atau 36 dari 40 siswa pada siklus II. (2) Meningkatnya semangat, motivasi, keberanian, dan kepercayaan diri siswa pada saat bertanya materi pelajaran, menjawab pertanyaan dari guru, tampil ke depan kelas menyelesaikan soal-soal latihan ataupun mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. (3) Pembelajaran kooperatif tipe NHT temyata selain efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa juga dapat meningkatkan semangat, motivasi, keberanian dan kepercayaan diri siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdurrahman. 1990. Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran. Ujung

Pandang. CV Bintang Selatan.

Bahri, Siful. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin. Rineka

Cipta.

Dimyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Ferdy, Karuru. 2005 .. Pembelajaran Kooperatij Tipe-Pendekatan Struktural (PS). (http://bpgupg.go.id/wi/bbnajardiklat/modelmodelpembelajara n.doc).

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika.

Malang, !KIP Malang.

Hudoyo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

Matematika. Malang. nCA UNM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.