ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN MULTIPPLE INTELLIGENCE

Yulvinamaesari Yulvinamaesari, Eka Pratiwi Tenriawaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa
fisika Fakultas Sains UNCP ditinjau dari perbedaan multiple intelligence. Penelitian ini
merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fisika Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas dari
keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.
Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach. Analisis angket Teknik analisis data pada penelitian kuesioner (angket)
dianalisis secara kuantitatif. Item soal dalam penelitian ini adalah item positif dan negatif.
menunjukkan distribusi untuk masing-masing aspek dalam kemampuan berpikir kreatif
mahasiswa yang belajar mata kuliah termodinamika, dimana kemampuan berpikir meliputi
empat empat indikator yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. tabel diatas
menunjukkan bahwa 19 orang mahasiswa fisika sebagai responden, memiliki aspek
kelancaran sebanyak 5 orang dengan persentase sebesar 26,3%, memiliki aspek keluwesan
sebanyak 7 orang mahasiswa dengan nilai persentase sebesar 36,8%, memiliki aspek
kebaruan sebanyak 4 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 21,1%, dan yang
memiliki aspek elaborasi sebnayak 3 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 15,8%.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Multiple intelligence, Fisika.

Full Text:

Untitled

References


Ahmad, Satria. 2005. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Halim Jaya

Alhabbah, Muhammad Ali Azis, 2015.

analisis berpikir kreatif dalam

menyelesaikan soal luas bangun datar

siswa kelas vii-g mtsn karangrejo

tulungagung. 2015

Yulvinamaesari dan Eka Pratiwi Tenriawaru (2017)

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011)

Taksonomi Berpikir. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Meylina. 2011. Strategi Pembelajaran

Berbasis Multiple intelligence (MI)

Untuk Pencapaian Kompetensi Dalam

Pembelajaran. Online (http://meilinajasmine.

blogspot.com/2011/12/aplikas

i-teknologi-pendidikan-dalam.html).

Diakses Tanggal 10 April 2014.

Nugraha. 1985. Statistika Untuk

Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian

dalam Pengajaran Bahasa dan sastra

(Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE.

─────────────, Gunawan dan

Marzuki. 2004. Statistik Terapan

Untuk

Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Nurhandayani, Dini. 2011. Penerapan

Brain Based Learning dalam

Pembelajaran Matematika untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar dan

Kemampuan Koneksi Matematis

siswa.

Sapa’at, A. 2007. Brain Based Learning.

(Online),(http://matematika.upi.edu/ in

dex.php/brain-based-learning),

Diakses Tanggal 10 April 2014.

Veynisha. 2011. Model Pembelajaran

Brain Based Learning (BBL). Online

(http://veynisaicha.blogspot.com/2011

/07/model-pembelajaran-brain-basedlearning.

html). Diakses Tanggal 10

April 2014.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian

Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian

Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiharti. 2005. Penerapan Teori Multiple

intelligence dalam Pembelajaran

Fisika. Jurnal Pendidikan No. 05/TH

IV/Des 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.