HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 BANTIMURUNG

Rezeki Amaliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi materi sistem gerak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian randomized control group only. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Bantimurung yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel penelitian adalah 27 orang siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 63,11. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t, sig (0,01) < α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi materi sistem gerak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung.
Kata Kunci : RTE, Hasil belajar materi sistem gerak.

Full Text:

Untitled

References


Alma, et.al. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Anonim. 2011. BAB II. http://repository.upi.edu/operator/upload/s-geo-0608142chapter2.pdf. Diakses pada tanggal 13 Maret 2011.

Priyatno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Elex Media Komputindo.

Rezeki Amaliah (2017)

Swaradani, Pradhiko Dyah. 2010. Upaya Meningkatkan Kreativitas dalam Memecahkan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotatong Trio Exchange. Malang: Universitas Negeri Malang.

Syarifuddin. 2007. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 6 Enrekang. Makassar: FMIPA UNM.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.