PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Ridha Yulyani Wardi, Suhaeni Suhaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatanmotivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA1 yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kelas XI IPA4 di SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan memilih satu kelas dari empat kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitukelas IPA4 diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan jumlah siswa 25 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar biologi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kelas IPA4 di SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo (2) ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kelas IPA4 di SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo.
Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

Untitled

References


Briggs, L. 1978. Instruksional Design. New Jersey : Ed. Teechn. Publ.

Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mansur, M. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nadriyah, 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Tatanan Pembelajaran tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi pada konsep sistem reproduksi mausia di Siswa SMA Swasta Darmawangsa Medan.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Susilo, 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir kritis Siswa SMP (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/download/849/873.Diakses 02 Februari 2013).

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresi. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.