PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANGGERAJA

Eva Sohriati

Abstract


Strategi motivasi ARIAS merupakan suatu strategi pembelajaran yang terdiri dari lima
tahap, yakni tahap percaya diri (assurance), tahap relevansi (relevance), tahap stimulasi minat
peserta didik (interest), tahap evaluasi (assessment), dan tahap penguatan (satisfaction),
pembelajaran dilaksanakan dengan integrasi model pembelajaran PBL yaitu orientasi peserta
didik pada masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar biologi peserta
didik di kelas kontrol mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 111,28; (2) motivasi belajar
biologi peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 122,31; (3) hasil
belajar biologi peserta didik di kelas control mengalami peningkatan sebesar 74,16;(4) hasil
belajar biologi peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 85,34; (5)
penerapan strategi ARIAS terintegrasi model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan
terhadap motivasi belajar biologi peserta didik (6) penerapan strategi ARIAS terintegrasi model
pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik.
Kata kunci: Strategi ARIAS,Model PBL, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Arwin. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi

Pembelajaran ARIAS Assurance,

Relevance, Interest, Assessment,

Satisfaction) terintegrasi Model

Pembelajaran TPS (Think-PairShare) terhadap Minat dan Hasil

Belajar Peserta didik SMA Negeri 1

Barru. Tesis. Biologi Pasca Sarjana

UNM

Ahmadi, Lif Khoiru. 2011. Strategi

Pembelajaran Sekolah Terpadu.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Anonim. 2011.Penerapan Model

Pembelajaran ARIAS (Assurance,

Relevance, Interest, Assessment,

Satisfaction) melalui Pendekatan

Kontekstual untuk Meningkatkan

Kemampuan Koneksi Matematis

Peserta didik SMP Negeri 30

Bandung. Tesis,

(online),(http://repository.upi.edu/o

perator/upload/bab (19).pdf.

Universitas Muhammadiyah

Malang. Diakses 10 November

.

Dewi Komalah 2013. Pengaru Proble-Based

Learning Terhadap Hasil Belajar

Ditinjau dari Motivasi Belajar SMA

Laboratorium Upi, Jurnal Penelitian

Pendidikan vokasi, (online), Vol. 03,

No.3 (http://lemlit.um.ac.id/wp

content/uploads/2009/07/93.pdf,

Diakses 8 November 2012).

Dian. 2013. Pengaruh penerapan Strategi

Pembelajaran ARIAS (Assurance,

Relevance, Interest, Assessment,

Satisfaction). Setting Model NHT

(Numbered Head Together) terhadap

Motivasi dan Hasil Belajar Peserta

didik SMA Negeri 14 Makassar. Tesis.

Biologi Pasca Sarjana (2013).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Panduan Penulisan Butir Soal.

Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, & Zain. 2002. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajaroh, F. dan Dasna, I.W. 2007. “Model

Pembelajaran ARIAS”. Hasil

Penelitian. Tersedia pada

http://gurupkn.wordpress.com.

(diakses tanggal 20 Desember 2011).

Goodnough, K & Cashion, M. 2003.

Fostering Inquary Through Problem

Based Learning. The Science Teacher,

(9): 21-25.

Hamzah, U. 2007. Model-model

Pembelajaran Inovativ. Jakarta Rineka

Cipta

Keller, J. M. 2006. ARCS-Motivation

Theory. Tersedia pada

http://ide.ed.edu. (diakses tanggal 23

Desember 2011).

Laila, P. 2014. Pengaruh Model Problem

Based Learning disertai konsep Mind

Map terhadap Prestasi Belajar Biologi

ditinjau dari Motivasi belajar dan

Aktivitas Belajar Peserta didik. Jurnal

Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 3, No. I,

(hal 85-95

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sa

in


Refbacks

  • There are currently no refbacks.