PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANGGERAJA
Abstract
tahap, yakni tahap percaya diri (assurance), tahap relevansi (relevance), tahap stimulasi minat
peserta didik (interest), tahap evaluasi (assessment), dan tahap penguatan (satisfaction),
pembelajaran dilaksanakan dengan integrasi model pembelajaran PBL yaitu orientasi peserta
didik pada masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar biologi peserta
didik di kelas kontrol mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 111,28; (2) motivasi belajar
biologi peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 122,31; (3) hasil
belajar biologi peserta didik di kelas control mengalami peningkatan sebesar 74,16;(4) hasil
belajar biologi peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 85,34; (5)
penerapan strategi ARIAS terintegrasi model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan
terhadap motivasi belajar biologi peserta didik (6) penerapan strategi ARIAS terintegrasi model
pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik.
Kata kunci: Strategi ARIAS,Model PBL, Motivasi, Hasil Belajar
Full Text:
UntitledReferences
Arwin. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi
Pembelajaran ARIAS Assurance,
Relevance, Interest, Assessment,
Satisfaction) terintegrasi Model
Pembelajaran TPS (Think-PairShare) terhadap Minat dan Hasil
Belajar Peserta didik SMA Negeri 1
Barru. Tesis. Biologi Pasca Sarjana
UNM
Ahmadi, Lif Khoiru. 2011. Strategi
Pembelajaran Sekolah Terpadu.
Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Anonim. 2011.Penerapan Model
Pembelajaran ARIAS (Assurance,
Relevance, Interest, Assessment,
Satisfaction) melalui Pendekatan
Kontekstual untuk Meningkatkan
Kemampuan Koneksi Matematis
Peserta didik SMP Negeri 30
Bandung. Tesis,
(online),(http://repository.upi.edu/o
perator/upload/bab (19).pdf.
Universitas Muhammadiyah
Malang. Diakses 10 November
.
Dewi Komalah 2013. Pengaru Proble-Based
Learning Terhadap Hasil Belajar
Ditinjau dari Motivasi Belajar SMA
Laboratorium Upi, Jurnal Penelitian
Pendidikan vokasi, (online), Vol. 03,
No.3 (http://lemlit.um.ac.id/wp
content/uploads/2009/07/93.pdf,
Diakses 8 November 2012).
Dian. 2013. Pengaruh penerapan Strategi
Pembelajaran ARIAS (Assurance,
Relevance, Interest, Assessment,
Satisfaction). Setting Model NHT
(Numbered Head Together) terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar Peserta
didik SMA Negeri 14 Makassar. Tesis.
Biologi Pasca Sarjana (2013).
Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Panduan Penulisan Butir Soal.
Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, & Zain. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajaroh, F. dan Dasna, I.W. 2007. “Model
Pembelajaran ARIAS”. Hasil
Penelitian. Tersedia pada
http://gurupkn.wordpress.com.
(diakses tanggal 20 Desember 2011).
Goodnough, K & Cashion, M. 2003.
Fostering Inquary Through Problem
Based Learning. The Science Teacher,
(9): 21-25.
Hamzah, U. 2007. Model-model
Pembelajaran Inovativ. Jakarta Rineka
Cipta
Keller, J. M. 2006. ARCS-Motivation
Theory. Tersedia pada
http://ide.ed.edu. (diakses tanggal 23
Desember 2011).
Laila, P. 2014. Pengaruh Model Problem
Based Learning disertai konsep Mind
Map terhadap Prestasi Belajar Biologi
ditinjau dari Motivasi belajar dan
Aktivitas Belajar Peserta didik. Jurnal
Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 3, No. I,
(hal 85-95
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sa
in
Refbacks
- There are currently no refbacks.