Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan

Fitriyah Karmila

Abstract


Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh dosen/dosen dalam proses pembelajaran. Masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Tujuan dari kegiatan ini yaitu “Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar mahamahasiswa melalui Lesson Study pada mata kuliah morfologi tumbuhan.”Subjek pada kegiatan Lesson Study ini adalah mahamahasiswa Fakultas Sains Jurusan biologi semester III yang berjumlah 29 orang. Rancangan kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan refleksi.Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan LKM. Kegiatan ini dilakukan dalam empat siklus dimana dalam satu siklus tersebut terdiri dari kegiatan plan, do dan see. Berdasarkan hasil kegiatan dari siklus I sampai siklus IV tampak bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar mahamahasiswa pada mata kuliah morfologi tumbuhan. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini yaitu “Kegiatan Lesson Study ini dianggap mampu meningkatkan aktivitas belajar mahamahasiswa. Hal ini tampak pada siklus I sampai siklus IV dimana mahamahasiswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

References


Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States. Online: sowi-online.de/ journal/2004-1/lesson_lewis.htm. Diakses tanggal 21 November 2014.

Hendayana, S. (2006). Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan. Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP – JICA). UPI-Press. Bandung.

Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rhiezky, 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Pada Mata Kuliah Anatomi dan Morfologi Tumbuhan. UNS Surakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 71 times
Untitled (Indonesian) - 12 times