Efektivitas Pembelajaran Matematika Siswa dengan Melibatkan Keterampilan Metakognisi

Fitriani A

Abstract


Pembelajaran saat ini masih bersifat teacher-oriented dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satunya adalah keterampilan metakognisi yang perlu dikembangkan sejak dini. Matematika sebagai wahana untuk menumbuhkan keterampilan berpikir, diharapkan dapat menjadi bekal dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan control grup pretest-posttest. Sebagai alat pengumpul data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan yang ditunjukkan dengan gain yang dinormalisasi setelah pembelajaran dengan melibatkan metakognisi lebih besar dibandingkan sebelum pembelajaran dengan melibatkan metakognisi. Maka dapat disimpulkan penerapan pembelajaran yang melibatkan strategi metakonisi pada pokok bahasan trigonometri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMAN 2 Sukamaju.

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI, Cetakan Ketiga belas). Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement Methods In Introductory Mechanics Courses. Departement of Physics. Indiana University. Bloomington (online)(http://www.physics.indiana.edu. Diakses 15 Juni 2014)

Mulbar Usman, 2008. Metodologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Artikal FMIPA UNM. Makassar.

Munandar, U. 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Nirmanto. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Skripsi, tidak diterbitkan. FKIP-UNCP.

Tiro, M, A, 2008. Dasar-Dasar Statistika. Andira Publisher: Makassar.

Uno, Hamzah B. 2004. Model Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.