Evaluasi Pembelajaran Melalui Aplikasi Variasi Model Pembelajaran Kooperatif Menuju Pembelajaran Kontekstual

Rahma Hi Manrulu

Abstract


Telah dilakukan kegiatan Lesson Study yang merupakan strategi untuk perbaikan pembelajaran, baik pada model pembelajaran, mahasiswa sebagai anak didik dan calon pendidik dan dosen sebagai salah satu pelaksana pada kegiatan Lesson Study. Kegiatan dilakukan selama empat siklus selama satu semester yang dilakukan secara bertahap. Setiap tahapan terdiri dari perencanaan (plan), observasi (do) dan refleksi (see). Pembelajaran ini diharapakan mampu membelajarkan mahasiswa pada umumnya dan dosen model pada khususnya. Mampu membangun pembelajaran kontekstual yang kooperatif. Dari serangkaian siklus yang dilakukan dapat simpulkan bahwa perlu pemilihan mode pembelajaran yang tepat untuk mencapai setiap tujuan pembelajaran dalam kelas.

References


Supriatna, Asep. 2014. Etika dan Profesionalisme Pendidik untuk Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013. Disajikan pada Seminar Nasional dan Prosiding pada Tanggal 5 Mei 2014.

Direktorat Pendidikan. 2003. Pendekatan Kontektual (Contextual teaching dan learning).

Joyse, B. & Weil, M. 1996. Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 76 times
Untitled (Indonesian) - 60 times