Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Suhaeni Suhaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control design yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontoramba. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol (pembanding) sehingga didapatkan kelas VII.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing ± 21 orang siswa. Data hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial (t test dengan α = 0,05) diuji dengan menggunakan program SPSS 17,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat dari rata-rata 44,57 menjadi rata-rata 80,95. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa.

References


Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Achmad, A. 2007. Membangun Motivasi Belajar Siswa. Diakses pada tanggal 20 September 2012.

Anonim. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. Diakses pada tanggal 20 September 2012.

Badan Penerbit UNM. 2010. Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi. Badan Penerbit UNM. Makassar.

Faturrohman, P & M.S Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui penanaman Konsep Umum dan Konsep islami. Bandung. Refika Aditama.

Firdaus, M. 2011. Model Pembelajaran Koopertif. (Online), (http://muhfida,com/2010/05/model-pembelajaran/,Diakses 23 November 2012)

Firman A. 2011. Pengaruh penggunaan Media Pemelajaran Compact Disk (CD) dan Soal–Soal Interaktif terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Jakarta. Alpabeta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Gredler M.E.B. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta. Rajawali Pers.

Israwahyuni. 2011. Pengaruh Pembelajaran Tandur terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar siswa SD Islam Athirah. Tesis tidak diterbitkan. Jurusan biologi UNM. Makassar.

Mulyasa. 2002. KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Muslimin, I. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa.

Nurhayati B. 2004. Strategi Pembelajaran IPA Biologi. UNM. Makassar.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rajia. 2011. Pengaruh Penggunaan Powerpoint terhadap Motivasi, aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Jurusan Biologi UNM. Makassar.

Rosmaini,dkk. 2003. Penerapan Pendekatan structural TPS untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas 1.7 SLTPN 20 Pekanbaru pada pokok bahasan Keanekaragaman Hewan. Jurnal Biogenesis. (online)Vol 1(1): 9-4 2004 (http://www.FKIP Riau, Diakses 23 Januari 2012).

Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung. Alpabeta.

Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompotensi. Jakarta. Apsi Pusat.

Sudjana, N. 1996. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Sudjana, N. 2006. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suprijono A. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Surabaya. Pustaka Belajar.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana.

Slavin R.E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung. Nusa Media..

Siti, Y.F. 2010. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (Online), (http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, Diakses 25 Desember 2012

Tiro. 1999. Pengenalan Biostatistika. Makassar. Andira Publisher.

Uno, H.B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Winkel W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT. Gramedia.

Yasa, D. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif.(http://Ziddu.com/download /5235567/metode pembelajaran kooperatif.doc .html. Diakses 20 November 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.