Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi Reciprocal Teaching (Pembelajaran Timbal-Balik) pada SISWA kelas VII SMP Negeri 24 Makassar

Yulvinamaesari Yulvinamaesari, Helmi Helmi, Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika melalui Strategi Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/ 2010 yang terdiri dari 33 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) diterapkan dalam pembelajaran, maka hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Makassar mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir belajar pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada siklus I adalah 22 orang atau 66,67 % dan siklus II adalah 30 orang atau 90,90 %.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I adalah 66,82 dan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh adalah 72,88. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa yang positif. Sebelum diterapkan strategi Reciprocal teaching, siswa cenderung kurang berani untuk mengungkapkan pendapatnya didepan umum, setelah siswa diajar dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching terjadi pola perubahan pada pembelajaran, siswa lebih berani untuk mengungkapkan pendapatnya secara sistematis, lebih menghargai pendapat temannya, dan terampil dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui Strategi Reciprocal Teaching (Pembelajaran Timbal-Balik) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keberhasilan siswa untuk berani menyampaikan hasil temuannya kepada pihak lain

References


Agung, Prudent. 2009, Model PembelajaranReciprocal Teaching, http://agungprudent.wordpress.com. Diakses tanggal 22 Juli 2009.

Arikunto, 2003, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta : Aneka Cipta.

Depdiknas, 1993. Evaluasi dan Penelitian. Jakarta: Proyek Penelitian Mutu Guru. Dirjen Dikdasmen.

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar, 2001, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara: Jakarta

Hamsinarwati. 2009, Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunaan Kartu Indeks pada Siswa Kelas VIII5 SMPN 1 Sinjai Timur. Skripsi FMIPA UNM Makassar.

Jasmani. 2002, Tinjauan Terhadap Keefektifan Penerapan Pembelajaran Terbalik (reciprocal Teaching) Pada mata Kuliah Kimia Organik II, Skripsi FMIPA UNM Makassar.

Muhammad Natsir, 2005, Strategi Pembelajaran Fisika, Jurusan Fisika FMIPA UNM Makassar.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Mikro Teaching. Jakarta : Quantum teaching Jakarta.

Sanjaya, Wina, 2006, Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada Media: Jakarta

Sudrajat, Akhmad, 2009, Hakikat Belajar, http:// akhmad sudrajat. Wordpress. com. Diakses tanggal 30 Juni 2009

Suharjono, dkk, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara: Jakarta.

Tim Penyusun, 2009, Panduan Penulisan Skripsi FMIPA UNM. Universitas Negeri Makassar.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.