Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair And Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 30 Makassar

Eka Pratiwi Tenriawaru, Nurhayati B, Andi Faridah Arsal

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 30 Makassar semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 48 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think, pair and share merupakan suatu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII1 SMP Negeri 30 Makassar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu (1) Rata-rata nilai motivasi siswa meningkat dari 77,21 ke 84,18 atau dari kategori baik menjadi baik sekali. (2) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dalam bertanya, menjawab, dan menanggapi dalam kegiatan diskusi. (3) Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 58,33 ke 73,25 atau dari kategori cukup ke kategori baik dan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 33,33% ke 77,08%.

References


Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA UNM.

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: “Mempraktekkan Cooperative Learning di dalam Ruang-Ruang Kelas”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marlina. 2006. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Tipe Think Pair Share (TPS) pada Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA UNM.

Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: APSI Pusat.

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2007. Ínteraksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya “Analisis di Bidang Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. 2007. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Online). http//:www.damandiri.or.id/file/yusufunsbab2.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.