Akses Terbuka Akses Terbuka  Akses Terbatas Akses Langganan

PENERAPAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MATA MENGGUNAKAN SOTFWARE MATLAB

Saddang Saputra, Rahmawaty Nasser

Sari


Sistem pakar merupakan suatu bagian metode ilmu artificial intelligence untuk dibuat suatu program aplikasi diagnosa penyakit mata pada manusia yang terkomputerisasi serta berusaha menggantikan dan menirukan proses penalaran dari seorang ahlinya atau pakar dalam memecahkan masalah spesifikasi, dapat dikatakan duplikat dari seorang pakar karena pengetahuan ilmu tersebut tersimpan di dalam suatu sistem database.
Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Pada Manusia menggunakan metode forward chaining bertujuan menelusuri gejala yang ditampilkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan agar dapat mendiagnosa jenis penyakit dengan perangkat lunak berbasis dekstop management system. Implementasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Pada Manusia bertujuan menelusuri gejala yang ditampilkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan agar dapat mendiagnosa jenis penyakit dengan perangkat lunak berbasis dekstop management sistem. Data penyakit yang dikenali menyesuaikan rules (aturan-aturan) yang dibuat untuk dapat mencocokkan gejala-gejala penyakit mata dan memberi pengetahuan agar mengetahui nilai pendekatan jenis penyakit pasien.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Diagnosa, Mata, Manusia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar, Edisi Pertama: Andi:Yogyakarta.

Daniel & Virginia, G. 2010. Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Informatika, Volume 6, Nomor 1.

Fatta, H. & Wibowo, S. 2010. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Pada Manusia. Yogyakarta: AMIKOM.

Handayani, L & Sutikno, T. 2008. Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit THT Berbasis Web dengan “e2gLite Expert System Shell”. Jurnal Teknologi Industri, Volume 12, Nomor 1.

Ilyas, S. 2006. Ilmu Penyakit Mata Edisi Kedua. Balai penerbit FKUI. Jakarta.

Kumar, S & Prava, D. 2010. An Expert System for Diagnosis of Human Diseases. International Journal of Computer Applications, Volume 1, Nomor 13.

Kurniawan, Budi. 2011. Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Web untuk Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Naser, A. & Zaiter, A. 2008. An Expert System For Diagnosing Eye Disease Using Clips. Journal of Theoretical and Applied Information Technology.

Ongko, E. 2013. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata. Jurnal TIME, Vol. II No 2 : 10 -17, ISSN : 2337 - 3601 10.

Setiawan, Anton. 2009. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Pada Manusia. Jurnal Telkomnika, Volume 7, Nomor 3.

Setiawan, H & Ratnasari, S. 2014. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Mata Menggunakan Naïvebayes Classifier. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2014 1 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sulistyohati, A. & Hidayat, T. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer. Proceeding of SNASTI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.