PROTOTYPE SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MADRASAH ALIYAH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD LARA 1 LUWU UTARA

Nirsal - -, Syafriadi - -

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype sistem pembelajaran berbasis E-Learning. E-learning merupakan aplikasi internet (Intercconection Network) yang dapat menghubungkan antara pendidik dengan peserta didik dalam sebuah ruang belajar. E-learning tercipta untuk mengatasi keterbatasan antara pendidik dan peserta didik, terutama dalam hal ruang dan waktu. Dengan e-learning maka pendidik dan murid tidak harus berada dalam satu dimensi ruang dan waktu. Proses pendidikan dapat berjalan kapan saja dengan mengabaikan dua hal tersebut. Dengan adanya e-learning, siswa akan mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tidak hanya datang ke sekolah, tetapi juga dapat mengakses internet dari rumah atau dari tempat penyedia layanan internet. Objek penelitian bertempat di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Lara 1. Adapun batasan masalah dalam perancangan aplikasi ini adalah perancangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL, yang meliputi input siswa, guru, pelajaran, materi, tugas, kelas, nilai dan administrator. Perancangan sistem menggunakan perancangan Unified Modelling Language (UML), yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class Diagram. Hasil pengujian dengan menggunakan metode white box, menghasilkan cyclomatic complexity =61, independent path = 61, dan region= 61, karena jumlah ketiga parameter diatas bernilai sama maka dapat disimpulkan bahwa program yang telah dibuat dapat dikatakan bebas dari kesalahan logika.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agung, L. 2012. Aplikasi Pemrograman Javascript untuk Halaman Web. Andi Offset. Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Dengen, N. Heliza HR. 2009. Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah.

Hasbullah. 2011. Perancangan dan Implementasi Model Pembelajaran E-Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di JPTE FPTK UPI. Jurnal pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI. Bandung.

Hayani, T. 2013. Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Iqro Berbasis Multimedia. http://repository.widyatama.ac.id, diakses pada tanggal 26 Juli 2015.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta

Mcleod Jr., Raymond. 2001.Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Prenhallindo.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga. Cetakan Keempat. Salemba. Jakarta.

Murdick. 2012. Analisis dan Desain Sistem Informasi dan Akuntansi. Andi. Surabaya.

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Saputra, Agus. 2012. Panduan Praktik Menguasai Database Server MySQL. Elex Media Koputindo. Jakarta.

Sohn, B. 2005. E-Learning and Primary Secondary Edcation in Korea. KERIS Korea Education & Research Information Service. Jurnal Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta.

Suartama, I Kadek., Tastra, I Dewa Kade. 2014. E-Learning Berbasis Moodle. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutabri, T. 2005. Buku Sistem Informasi Manajemen. Andi. Yogyakarta.

The Australian National Training Authority. 2003. Ethiop. J. Educ & Sc. Vol. 6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 10 times
Tidak berjudul - 4 times