RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: SMP NEGERI 2 PALOPO)

Nahrun Hartono, Solmin Paembonan, Darna Basmin

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui menghasilkan aplikasi perpustakaan berbasis client server untuk pengolahan data sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap siswa sebagai anggota perpustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang tepatnya berada di Jl. Andi Simpurusiang No.12 Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan yaitu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pengambilan data diperoleh dari bentuk dokumen dan keterangan pengelolah perpustakaan dalam hal ini staff perpustakaan dan kepala perpustakaan tentang sistem yang berlaku. Data dianalisis berdasarkan permasalahan dari sistem yang ada kemudian dibuat perancangan menggunakan bahasa pemodelan sistem berorientasi objek yaitu UML (Unified Modeling Language). Hasil penelitian ini berupa sebuah rancangan sistem pengolahan data perpustakaan dalam bentuk aplikasi dengan perangkat lunak pembangun yaitu PHP 5.0 dan basis data MySQL versi 3.5.4. Dengan hasil analisis dan pengujian diharapkan aplikasi dapat lebih memudahkan pengolahan data dan perancangannya dapat dikembangkan lebih baik untuk proses implementasinya.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arif, S. N., Wanda, A. P., & Masudi, A. (2013). Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal SAINTIKOM , 12(1).

I, S. (2003). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Jaenuri, M. (2013). Jaenuri, M. (2013). Perancangan Pengolahan Data Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Lasem Berbasis Intranet. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security , 2(3).

Rizal, A. F., & Wahyu, W. C. (2006). Arsitektur Pertukaran Data Perpustakaan di Indonesia. Depok: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 19 times
Tidak berjudul - 9 times