PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN METAKOGNISI DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Nasrianti Nasrianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar biologi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2012-2013. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t ; α = 5%) dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) statistics 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar biologi siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.