PERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA1SMA NEGERI 1 MAIWA KABUPATEN ENREKANG

Saparuddin Saparuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Maiwa Kabupaten Enrekang melalui penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping (peta pikir). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maiwa Kabupaten Enrekang dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA1 dengan jumlah 18 siswa, berlangsung pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Maiwa kelas XI IPA1 maka dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Maiwa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yakni 66,56 dan pada siklus II 78,22. (2) Aktivitas belajar siswa selama diterapkan metode pembelajaran mind mapping dalam proses pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Maiwa menunjukkan bahwa setiap indikator yang diamati mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.