Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Jeneponto

Fitrah Al Anshori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto, (2) hubungan konsep diri dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto dan (3) secara bersama-sama hubungan kecerdasan emosional dan konsep diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster sampling area sehingga dipilih 3 sekolah sebagai sampel dengan jumlah siswa 170. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan pencatatan dokumen, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS 20.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto dengan nilai r = 0, 911, terdapat hubungan positif konsep diri dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto dengan nilai r = 0,862, terdapat hubungan positif kecerdasan emosional dan konsep secara bersama – sama dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto dengan nilai r= 0,917 dengan nilai F = 439,720 dengan α = 0,000. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan konsep diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di Kabupaten Jeneponto.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.